POPULAR STORIES

PT ADM Klaim Produk Daihatsu Di Indonesia Memenuhi Syarat Teknis Keselamatan Dan Keamanan

PT ADM Klaim Produk Daihatsu di Indonesia Memenuhi Syarat Teknis Keselamatan dan Keamanan Ilustrasi: All New Daihatsu Xenia 1.5 R ASA (KabarOto)

KabarOto.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengklaim bahwa semua kendaraan Daihatsu yang diproduksi, didistribusi, dan dipasarkan di Indonesia tidak memiliki masalah kualitas dan keselamatan, serta memenuhi regulasi yang berlaku di Indonesia.

Hal itu dikatakan oleh Executive Officer, Corporate Function Directorate PT ADM, Johan dalam pertemuan dengan Kementerian Perdagangan terkait maraknya pemberitaan dugaan skandal uji keselamatan kendaraan merek Daihatsu.

Baca Juga: Skandal Uji Keselamatan, Daihatsu Hentikan Pengiriman Kendaraan

“Produk-produk Daihatsu di Indonesia telah memenuhi syarat teknis keselamatan dan keamanan sesuai dengan standar ketentuan di Indonesia. Selain itu, produk yang diisukan tersebut dapat dipastikan tidak diperdagangkan di Indonesia,” ujar Johan.

Selain itu, pengiriman domestik sudah dilakukan mulai 22 Desember2023. Kemudian, PT ADM juga telah kembali melakukan pengiriman secara normal mulai 26 Desember 2023 ke lebih dari 60 negara tujuan ekspor yang telah memberikan konfirmasi karena telah disetujui otoritas negara tujuan ekspor.

Ilustrasi uji tabrak mobil Daihatsu

Johan menyampaikan, produk Daihatsu di Indonesia tidak terkait dengan yang terjadi di Jepang. Produk Daihatsu di Indonesia sudah dilakukan pengujian oleh pihak terkait untuk memastikan kendaraan benar-benar dalam keadaan aman. Johan juga menerangkan, PT ADM memiliki kanalinformasi dan pengaduan konsumen.

PT ADM memiliki layanan surat [email protected] dan pusat panggilan 1500898 sebagai bentuk penyelenggaraan perlindungan konsumen.

"Layanan tersebut untuk mempermudah konsumen dalam memperoleh informasi dan menyampaikan pengaduan,” jelas Johan.

Sebagai informasi, setidaknya sebanyak 88.000 mobil yang dijual dengan merek Toyota di Thailand dan di Malaysia melanggar uji keselamatan sebagaimana dikutip dari Bloomberg pada April 2023.

Baca Juga: 1.537 Modifikator Ramaikan Kontes Modifikasi Daihatsu Dress Up E-Challenge

Pada Mei 2023, perusahaan asal Jepang ini menemukan penyimpangan prosedur dalam proses sertifikasi uji tabrakan sisi tiang dari Daihatsu Rocky Hev dan Toyota Rize Hev.

Terbaru, Daihatsu merilis temuan 174 kasus (28 kasus jenis modifikasi dan penyesuaian yang tidak tepat, 143 kasus jenis pernyataan palsu, dan 3 kasus jenis manipulasi data asli) yang dilaporkan pada 20 Desember 2023.

Dalam laporan itu, terungkap penyimpangan prosedural sudah terjadi sejak 1989. Kasus penyimpangan prosedural semakin meningkat mulai 2014.

Imbas skandal ini, Daihatsu menutup keempat pabriknya di Jepang pada hari Selasa (26/12/2023) untuk sementara waktu, termasuk satu pabrik di kantor pusatnya di Osaka, Jepang.