POPULAR STORIES

PT. Groen Indonesia Solusi Kebersihan Kota Melalui Elektrifikasi

PT. Groen Indonesia Solusi Kebersihan Kota Melalui Elektrifikasi Dok : Deddy KabarOto

KabarOto.com – PT. Groen Indonesia yang tampil di PEVS 2022, memperkenalkan inovasi berbasis elektrifikasi yang jadi solusi mempermudah jaga kebersihan kota.

“Truk sampah mesin pengangkut sampah yang kita kerjakan bersama MAB (Mobil Anak Bangsa), dan April tahun depan sudah bisa layani pembelian,” ujar Dr. Andri Wibowo Susilo dari PT. Groen Indonesia.

Dinamakan Groen Truck Compactor ini adalah low entry yang artinya truk ini pendek sehingga cocok di perkotaan, di mana visibilitas supir sangat penting, dan mengurangi blind spot. Serta elektrik pastinya, jadi mengurangi emisi.

Baca juga: Keeway City Ezi Dan Mini Ezi Meluncur Di PEVS 2022

Truk itu pun memiliki motor 150 KW dan baterainya 315 kWh, sehingga pemakaian bila bergerak bisa mencapai sekitar 8 hingga 10 jam. Dengan kapasitas 10.000 liter atau tujuh ton. Estimasi harga untuk Compactor ini dibanderol sekitar Rp 4,5 miliar.

Lalu ada pick up yang dinamakan Alke, ini merupakan mobil pick up listrik yang bisa dijadikan apapun, bisa untuk truk sampah, pengganti lampu kota, bahkan pemadam, dan sebagainya sesuai kebutuhan.

Baca juga: Motor Listrik Smoot Tempur Dijual Rp16 Jutaan Di Ajang PEVS 2022

Inovasi terbaru lainnya ada vacuum cleaner untuk outdoor, dapat digunakan memungut sampah plastik, daun, dan sebagainya. Alat ini tentunya sangat berguna misalnya di tempat rekreasi, taman kota dan sebagainya, dengan kapasitas 240 liter. Walau dioperasikan manual, tapi tuas penggeraknya bisa berjalan otomati baik maju atau mundur.