Pulang Mudik Lebaran, Begini Cara Mengecek Pengereman Motor

Pulang Mudik Lebaran, Begini Cara Mengecek Pengereman Motor Kipli, KO, YIMM

KabarOto.com - Rem pada kendaraan berfungsi untuk mengontrol kecepatan, memperlambat dan membuat kendaraan berhenti. Ada 2 tipe rem sesuai dengan konstruksi dan kegunaan pada kendaraan, yaitu tipe rem hidrolik (rem cakram) dan rem mekanis (rem tromol).

Rem tromol (K0)

Baca juga: Ini Indikasi Rem Cakram Minta 'Jajan'

Sistem rem hidrolik (rem cakram) pada sepeda motor, pengoperasian dan perawatannya mengharuskan cairan rem agar rem bisa bekerja dengan baik. Sedangkan rem mekanis (rem tromol) mengandalkan kanvas rem dan karet tromol untuk membantu pengereman.

”Fungsi rem tentunya sangat penting dalam melancarkan aktivitas berkendara sepeda motor. Jika kinerja rem terganggu, maka dapat membahayakan keselamatan berkendara pengguna motor,” ungkap Muslian selaku Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers.

Berikut tips dalam melakukan perawatan rem hidrolik (rem cakram) :

1. Lakukan pengecekan dan penggantian cairan rem secara berkala

Rutin memeriksa kanvas rem atau mengganti minyak rem yang bermanfaat untuk menjaga agar kinerja rem cakram lebih optimal. "Umumnya, penggantian minyak rem dilakukan setiap dua tahun sekali atau jika telah mencapai jarak 24 ribu km, atau warna dari cairan rem sudah mengalami perubahan menjadi semakin gelap sehingga membuat kualitas cairan rem sudah jelek dan harus diganti," ujarnya.

2. Membersihkan kaliper dan cakram

Pengguna sepeda motor juga harus memperhatikan hal ini yaitu rutin membersihkan kaliper. Rem cakram bersifat terbuka sehingga saat berkendara di jalanan, debu dan kotoran ikut menempel pada kanvas atau piston. Kondisi ini mempengaruhi kinerja rem menjadi tidak maksimal, karenanya segera lakukan pembersihan pada bagian tersebut.

Atau jika handle rem terasa berat saat ditekan, bisa diperiksa atau ganti seal master rem bagian atas. Segera hubungi bengkel resmi terdekat untuk melakukan perawatan dan penggantian komponen pada bagian tersebut.

Baca Juga: Upgrade Slang, Kaliper, Dan Cakram Besar Tak Menjamin Rem Pakem

3. Perhatikan kaliper dan cakram selalu dalam kondisi baik

Efek yang cukup terasa apabila kaliper bermasalah adalah turunnya kualitas pengereman serta kerja handle rem menjadi berat atau blong, hal ini dapat menimbulkan resiko kecelakaan. Pastikan kaliper pada motor Sobat dalam kondisi yang baik, serta lakukan pemeriksaan rutin ke bengkel resmi terdekat.

"Jika sudah terkikis atau tidak rata, segera ganti, jangan direparasi lagi karena menyangkut keselamatan," tutupnya.