POPULAR STORIES

Punya Resolusi Mobil Baru Tahun Ini? Simak Cara Kredit Yang Bijak

Punya Resolusi Mobil Baru Tahun Ini? Simak Cara Kredit yang Bijak Auto2000

KabarOto.com - Resolusi tahun baru bisa jadi sebagian harapan Sobat KabarOto untuk memiliki mobil baru. Adapun solusi yang diberikan pihak Auto2000 berkonsep 4 tips cicilan ringan yang dibawakan oleh Evi Soviasari selaku Kepala Cabang Auto2000 Kapuk, Jakarta Utara.

Membeli mobil baru bisa lewat cara tunai atau kredit. Namun, supaya tidak salah ketika memutuskan untuk melakukan kredit mobil baru, berikut tips yang dapat dipelajari sebelumnya.

Baca juga: Retas Kartu Kredit, Akun Selebgram Otomotif Kiki Anugraha Dibajak Organisasi Profesional!

1. Ketahui Kebutuhan

"Banyak pelanggan yang membeli mobil baru tanpa melihat kebutuhannya terlebih dahulu alias hanya memikirkan gengsi semata. Padahal, pembelian dilakukan secara kredit yang angsurannya harus dibayarkan dalam jangka waktu cukup lama," paparnya. Ia menyarankan, pastikan mobil yang akan dibeli sudah sesuai dengan kebutuhan dan disepakati oleh seluruh anggota keluarga.

2. Sesuaikan dengan Keuangan

"Pastikan sebelum melakukan kredit mobil, Anda sudah menyiapkan down payment (DP) dengan kisaran antara 20% hingga 30% dari harga mobil. Pastikan pula cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya sudah sesuai dengan kemampuan," tandas Evi.

Ia menegaskan untuk mempertimbangkan cicilan kredit lain yang sudah Sobat ambil seperti KPR, sepeda motor, atau kartu kredit. "Pastikan setelah digabung dengan cicilan mobil baru tidak melebihi 30% dari penghasilan perbulan supaya keuangan tetap sehat dan bebas stres," imbuhnya.

3. Lakukan Simulasi Kredit

Simulasi kredit disarankan olehnya agar Sobat memiliki gambaran sederhana untuk melihat kemampuan keuangan dalam membayar uang muka dan cicilan kredit mobil kelak.

Baca juga: Simak Tips Menjaga Kebersihan Bodi Dan Mesin Mobil Saat Musim Hujan

"Misalnya, seperti aplikasi kami yakni Auto2000 Digiroom, menyediakan fitur simulasi kredit di setiap pilihan model mobil yang dapat dipakai untuk memperkirakan besaran DP dan angsuran yang akan dibayarkan," jelasnya.

4. Manfaatkan Promo yang Ditawarkan

Paket yang diberikan biasanya berisi pilihan antara potongan DP, cicilan mudah, atau bunga ringan hingga 0% yang bisa dimanfaatkan oleh Sobat sesuai kebutuhan dan rencana keuangan.

“Solusi transaksi kredit yang ringan jadi salah satu metode kami yang bisa disesuikan dengan kebutuhan dan rencana keuangan. Apalagi ditambah berbagai program promo pembelian yang bisa dipilih,” kata Martogi Siahaan selaku Chief Executive Auto2000.