POPULAR STORIES

Pusat Perbelanjaan Ini Perdana Terapkan Sistem Parkir 'Tap In Tap Out'

Pusat Perbelanjaan Ini Perdana Terapkan Sistem Parkir 'Tap In Tap Out' CentrePark

KabarOto.com - Grand Indonesia secara resmi menerapkan inovasi teknologi baru di area parkir kompleks Grand Indonesia. Inovasi ini merupakan hasil pengembangan perusahaan penyedia layanan dan teknologi perparkiran, PT Centrepark Citra Corpora (CentrePark), dan telah diimplementasikan sejak bulan lalu.

PT Grand Indonesia bersama CentrePark dengan bangga secara resmi mengimplementasikan sistem parkiran baru di seluruh area parkir kompleks Grand Indonesia.

Adapun inovasi teknologi yang diterapkan oleh Grand Indonesia bersama Centrepark adalah sistem parkir 100% ticketless dan paperless, tiket dan struk parkir tak lagi menggunakan kertas dan berganti menjadi versi elektronik. Transaksi parkir pun kini menggunakan sistem pembayaran non-tunai (cashless) memakai uang elektronik.

Baca juga: Begini Cara Agar Mobil Matik Tetap Bisa Didorong Sewaktu Parkir Paralel

“Sistem ini bernama TITO (Tap In Tap Out) yang memudahkan pengunjung untuk lebih cepat mengakses area parkir mall, dan melakukan transaksi secara praktis menggunakan kartu uang elektronik saat meninggalkan area parkir,” ujar Chief Executive Officer CentrePark, Charles Oentemo.

Kolaborasi antara Grand Indonesia dan CentrePark ini telah dimulai pada 30 November 2021, yang dilanjutkan dengan penandatanganan kesepakatan kedua perusahaan pada tanggal 3 Februari 2022.

Menurut Charles, potensi antrean kendaraan yang hendak masuk maupun keluar area parkir Grand Indonesia dapat berkurang, karena portal di pintu masuk dan keluar area parkir telah dilengkapi dengan berbagai teknologi otomatis.

Meski demikian, Ia biilang, pengunjung tidak perlu khawatir jika memerlukan bantuan petugas, karena setiap portal otomatis tersebut dilengkapi dengan tombol darurat.

Baca juga: Lupa Parkir? Pakai Fitur Find My Car Di All New Toyota Veloz

Area parkir pun dimanjakan dengan adanya papan informasi Traffic Dispatch System (TDS). Papan informasi ini secara otomatis akan menampilkan rambu-rambu untuk memandu pengunjung ke pintu-pintu keluar mal yang lebih sepi. Sehingga tidak akan terjadi kemacetan panjang di satu pintu keluar saja.

Inovasi yang tengah disiapkan untuk tahap kedua, menurut Charles, adalah sistem License Plate Recognition (LPR) dan Quick In Quick Out (QIQO).

“Sistem LPR ini menggunakan kecerdasan buatan yang dapat mengidentifikasi pengunjung melalui plat nomor kendaraan. Sistem ini mampu mengenali nomor registrasi kendaraan, merek kendaraan, model atau tipe kendaraan, warna kendaraan, dan lampu utama kendaraan,” tutup Charles.