POPULAR STORIES

QR Code Untuk Dapatkan BBM Subsidi Tak Harus Gunakan Gadget, Begini Cara Mudahnya

QR Code untuk Dapatkan BBM Subsidi Tak Harus Gunakan Gadget, Begini Cara Mudahnya SPBU Pertamina (Foto: Dok Pertamina)

KabarOto.com - Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menegaskan, mulai 1 Juli pihak Pertamina mendorong masyarakat untuk mendaftarkan kendaraannya, sebagai tahap awal untuk mendapatkan BBM Subsidi yakni Pertalite atau Bio Solar.

Pernyataan tersebut, disampaikan Nicke di hadapan Komisi VI DPR RI. menurutnya, langkah itu dilakukan sebagai upaya memastikan BBM Subsidi, penyalurannya tepat sasaran.

Baca juga: Pertamina Ungkap, 80 Persen BBM Bersubsidi Digunakan Orang Kaya

Sesuai Roadmap Pertamina, bulan Juli ini baru tahap pendaftaran kendaraan, bukan pembatasan pembelian BBM bersubsidi. Ke depan, jika peraturan Pemerintah telah ditetapkan, hanya jenis kendaraan sesuai dan telah terdaftar saja, bisa membeli BBM bersubsidi.

Penggunaan QR Code tak hanya menggunakan gadget (Foto: Dok Pertamina)

Nicke menambahkan, Pertamina permudah masyarakat dalam melakukan pendaftaran dengan menyediakan tiga cara. Pertama, melalui Website subsiditepat.mypertamina.id. Kedua menggunakan aplikasi MyPertamina dan ketiga, bisa datang langsung ke SPBU, untuk dibantu mendaftarkan.

“Kendaraan-kendaraan ini didaftar untuk mendapatkan QR Code, akan menjadi dasar bagi petugas SPBU melayani penjualan BBM bersubsidi," terangnya. Subsidi melekat di kendaraan, QR Code ini bisa dicetak, dilaminating dan ditempel di kendaraan untuk memudahkan transaksi di SPBU.

"Jadi tidak harus menggunakan gadget atau aplikasi MyPertamina saat membeli BBM bersubsidi,” jelas Nicke.

Baca Juga: Beli Pertalite Subsidi, Ini Cara Daftar Aplikasi MyPertamina

Setelah tahap pendaftaran, pembatasan akan dilakukan setelah terbitnya Perpres tentang kriteria baru kendaraan penerima BBM subsidi.

Saat ini, menurutnya aturan mengenai siapa konsumen penerima BBM Subsidi masih diharmonisasikan kementerian dan lembaga. Nantinya sesuai peraturan tersebut, Pertamina dapat melakukan pengelompokan kendaraan yang berhak menerima BBM subsidi.

"Dalam pelaksanannya nanti, kendaraan terdaftar dan dibuktikan melalui QR Code, dapat membeli Pertalite atau Solar Subsidi," tambahnya. QR Code ini sebagai dasar. Pertamina pun menghimbau pemilik kendaraa yang berhak menerima subsidi mendaftarkan segera.