Rahasia Mitsubishi Xpander AP4 Jadi Jagoan Reli

Rahasia Mitsubishi Xpander AP4 Jadi Jagoan Reli

KabarOto.com - Mitsubishi Xpander AP4 memberikan kejutan di Fortuna Tropical Sprint Rally 2021. Gelaran reli di Sirkuit Badak, Tanjung Lesung, Banten, (11/4), berhasil tampil sebagai Juara.

Adapun Mitsubishi Xpander AP4 digeber oleh Rifat Sungkar dan navigator M. Redwan, berhasil unggul jauh berbanding kompetitornya.

Baca juga: Sabet Gelar Juara, Rifat Sungkar Geber Xpander AP4 Tercepat di Kejurnas Tropical Sprint Rally 2021

Lincahnya Xpander AP4 bermain di lintasan reli ini berkat racikan tepat Mitsubishi Xpander yang memang sebelumnya sudah memiliki distribusi bobot yang baik. Sehingga menjadi lebih mudah bagi Rifat dan tim Ralliart Selandia Baru mempersiapkan Xpander AP4.

Rifat Sungkar akui Mitsubishi Xpander punya bekal ikut kompetisi



"Xpander adalah sebuah kendaraan keluarga yang tak sekadar dinikmati oleh keluarga tapi bisa membawa prestasi dengan pengendalian yang luar biasa baik," ujar Rifat.

Hal inilah yang mebuat Rifat ingin mengeksplorasi lebih jauh Xpander untuk ikut kompetisi reli. Sebelumnya, tahun 2017 ketika mencoba kali pertama Xpander di Jepang menjadi awal ketertarikan dirinya terhadap MPV ini.

Melihat dimensi ringkas dan spesifikasi Xpander yang hanya berbobot 1.780 kg membuat Rifat ingin mengubahnya menjadi mobil kompetisi kategori AP4. Sebab bobot di kelas ini masih di angka 1.230 kg-1.300 kg.

Perkenalan Xpander AP4



Distribusi bobot yang ideal dari Xpander juga tak merepotkan ketika Ralliart Selandia Baru menata ulang menjadi Xpander AP4. Beberapa komponen yang tak perlu digunakan saat kompetisi juga dipensiunkan.

Hal tersebut sempat dijelaskan oleh Rifat di Youtube pribadinya, melakukan penggantian di kaca mobil berbahan plexiglass, "Agar sesuai dengan peraturan kategori AP4."

Berbanding kaca mobil bawaan mobil dengan aplikasi bahan plexiglass, Rifat meyakini perbedaan bobotnya hingga 8 kg sendiri. Sehingga lebih mudah bagi Rallyart Selandia Baru dan Rifat mengejar bobot regulasi.

Xpander AP4 Raih kemenangan di Fortuna Tropical Sprint Rally 2021



Capaian Rifat Sungkar menggeber Xpander AP4 dan menjadi juara di Fortuna Tropical Sprint Rally 2021 mendapat respon dari President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia Naoya Nakamura.

Baca juga: Mitsubishi Xpander agar Tetap Mahal Ketika Dijual Lagi, Simak Caranya!

“Selamat dan apresiasi tertinggi untuk Rifat Sungkar dan Xpander Rally Team yang telah berhasil menjuarai kejuaraan Fortuna Nusantara Tropical Rally 2021 dengan Xpander AP4," ujar Naoya Nakamura.

Dirinya memastikan bahwa hal tersebut kembali membuktikan beragam keunggulan Mitsubishi Xpander, yang tidak hanya dapat menjawab kebutuhan dan keinginan masyarakat Indonesia sebagai mobil keluarga favorit, namun juara di kompetisi motor sport.