POPULAR STORIES

Ram 1500 Revolution BEV Concept, Gambaran Pikap Besar Masa Depan

Ram 1500 Revolution BEV Concept, Gambaran Pikap Besar Masa Depan Foto: NetCarShow

KabarOto.com - Ram 1500 Revolution BEV Concept hadir perdana di CES 2023, memberikan gambaran bagaimana pikap besar atau truk di masa depan. Kendaraan dengan teknologi Battery-electric Vehicle (BEV) ini, memamerkan banyak sekali fitur inovatif yang akan terlihat di truk Ram masa depan dan khususnya dalam perjalanan elektrifikasi Ram.

Ram hadir dengan tenaga listrik sebagai andalannya, seluruh jajaran Ram akan menawarkan solusi berlistrik dengan teknologi canggih yang mengganggu dan terdepan di tahun-tahun mendatang . Konsep Ram 1500 Revolution BEV menetapkan bagaimana Ram akan melampaui penawaran EV pesaing di masa depan.

"Konsep Ram 1500 Revolution BEV adalah sinyal yang paling jelas, bahwa kami berada di jurang sesuatu yang luar biasa di Ram, dan menunjuk langsung ke tujuan perjalanan elektrifikasi kami," kata Mike Koval Jr., CEO Ram - Stellantis .

Baca juga: GUSS Automation Hadirkan Kendaraan Robot Otonom Di Perkebunan

Ia juga menambahkan bahwa Ram 1500 Revolution BEV Concept adalah bagian dari kontribusi signifikan Ram terhadap rencana strategis Stellantis Dare Forward 2030 untuk memimpin dunia otomotif dengan menghadirkan solusi mobilitas yang inovatif, bersih, aman dan terjangkau.

Pikap ini menampilkan desain apik yang disorot oleh lencana RAM animasi di fasia depan dan elemen desain "garpu tala" di lampu dan gril. Pahatan yang dalam dan berotot menonjol di sekitar jarak sumbu roda truk yang panjang dan ban tebal berukuran 35 inci, sementara bagian atap dilengkapi dengan panoramic glass yang terbuat dari bahan sama seperti kaca depan mobil.

Ini memiliki keuntungan ganda karena membiarkan banyak cahaya masuk ke dalam kabin sekaligus memanjangkan sasis secara visual. Ram Revolution terlihat besar, tetapi Ram lebih panjang beberapa milimeter dari produksi pikapnya saat ini.

Konsep Ram 1500 Revolution BEV menampilkan desain eksterior yang indah. Logo Ram yang dianimasikan dan dimodernisasi menghiasi wajah yang serba baru, menampilkan desain lampu depan dan belakang sudah berteknologi LED. Pintunya telah ditata ulang dalam bukaan bergaya sedan besar yang menampilkan ruang penghuni yang luas tanpa pilar-B.

Dibangun di atas reputasi Ram sebagai pemimpin pikap off-road dan performa terbaik di Amerika Utara, Ram 1500 Revolution BEV Concept menampilkan desain fascia terintegrasi dengan skid plate dan kait derek berputar baru yang dapat dipasang rata.

Baca juga: Hyundai Hadirkan Universe Mobile Office, Solusi Mobilitas Cerdas

Fitur-fitur inovatif diintegrasikan dengan cermat di seluruh bagian dan mencakup pintu bak dengan buka-tutup sekali sentuh yang menambah kemampuan dan penyimpanan. Teknologi sentuh mendominasi, pintu depan, belakang dan konsol port pengisian daya menggunakan fitur sekali sentuh untuk membukanya.

Kaca spion samping menggunakan kamera digital untuk menangkap kondisi samping belakang pikap.

Interior modern dengan panel instrumen dengan layar besar, desain lingkar kemudi seperti agak mengecil dengan bentuk yang tidak sepenuhnya membulat. Hal ini untuk memudahkan memutar kemudi saat di jalan.

Kursi di desain untuk memberikan kenyamanan saat duduk, ruang kaki dan kepala yang cukup lega layaknya sebuah pikap berukuran besar. Ram 1500 Revolution BEV Concept memiliki kabin yang lebih panjang empat inci dari truk produksi saat ini untuk menambah ruang dan kenyamanan.

Ram 1500 Revolution BEV Concept menampilkan kemampuan all-wheel-drive dan ditenagai oleh dua modul penggerak listrik (EDM), yang diposisikan di bagian depan dan belakang kendaraan, memaksimalkan ruang interior dan ruang dek/bak yang luas. Dirancang untuk mengakomodasi EDM berkapasitas lebih besar, Ram 1500 Revolution BEV Concept menawarkan potensi untuk aplikasi berkinerja tinggi di masa depan.

Konsep Ram 1500 Revolution BEV dapat menambah jangkauan hingga 160 km kondisi baterai penuh. Waktu pengisian sekitar 10 menit dengan pengisian cepat DC 800 volt hingga 350 kW.

Baca juga: Fitur Melimpah Jadikan Mitsubishi Triton Sebagai Pikap Double Cabin Modern

Berdasarkan platform STLA Frame perusahaan, Ram 1500 Revolution BEV Concept menampilkan desain body-on-frame yang menggabungkan paket baterai secara efisien.

Dengan penggerak 4 roda atau all wheel drive (AWD), dirancang untuk menawarkan kemampuan manuver kendaraan yang lebih baik saat parkir pada kecepatan rendah, di jalur off-road yang sempit, dan meningkatkan respons kemudi kendaraan pada kecepatan tinggi.

Suspensi udara yang dapat disesuaikan memungkinkan tiga mode berbeda: standar, aero dan off-road.

Pikap listrik pertama Ram ini siap bersaing dengan Ford, Chevrolet, dan Rivian pada tahun 2024. Debut siap produksi diharapkan bersama dengan perkiraan daya, jangkauan dan efisiensi dalam beberapa bulan mendatang.