POPULAR STORIES

Rem All New Yamaha Nmax Keras, Waspada Seal Master Rem Aus

Rem All New Yamaha Nmax Keras, Waspada Seal Master Rem Aus Foto: Rio F

KabarOto.com – Pernah merasakan tuas rem All New Yamaha Nmax keras saat dioperasikan? Keluhan ini pun dirasakan oleh KabarOto pada New Nmax lansiran 2021 yang baru menempuh jarak 8.800 km. Ternyata penyebabnya adalah seal master rem atas yang sudah aus.

Padahal, servis rutin di bengkel resmi Yamaha sebelumnya baru saja ganti kampas rem. Sempat mengira ada masalah di kampas, begitu dicek ternyata sumber masalahnya dari seal master rem atas.

Seal master rem atas yang harus diganti

“Biasanya karena umur pakai. Bisa saja diservis, tapi enggak bisa lama,” ujar Husein, Service Advisor Yamaha Mekar Bintaro yang disambangi.

Baca juga: Aki Yamaha All New Nmax 155 Connected Sering Tekor, Ini Penyebabnya!

Padahal, agak beda dengan kampas rem yang memang habis terpakai. Seal ini ada di dalam master rem yang tersembunyi, termasuk tutup master rem tertutup rapat karena disekrup. Pun begitu, saat di servis rutin sebelumnya KabarOto yang sempat menanyakan apakah cairan rem perlu dikuras, oleh mekanik dijawab belum perlu karena masih belum masuk jadwal perawatan.

Alhasil, mau tak mau komponen ini harus ganti. Caranya sebenarnya cukup mudah, namun memang butuh tools yang sedikit beda. Pertama setelah melepas tuas rem kanan dengan kunci sok. Lalu harus melepas sekrup pengunci seal ini.

Baca juga: Cara Membuka Tangki Bensin Yamaha Nmax Keyless Secara Manual

Buka tuas rem kanan dengan kunci sok terlebih dahulu

Setelah terlepas, seal di dalam terkunci oleh spi. Makanya butuh tang khusus untuk melepas spi pengunci ini. Nantinya, terlihat batang tuas rem yang tergabung dengan per dan seal. Nah, seal ini yang harus diganti.

Setelah terganti, nanti tinggal rakit kembali sesuai urutan melepasnya. Jangan lupa spi pengunci yang harus diposisikan kembali.

Baca juga: Cara Gratis Atasi All New Yamaha Nmax Goyang Di Jalan

Nomor suku cadang resminya adalah 2DP-F5807-00. Di bengkel resmi, harganya Rp 84 ribu, plus cairan rem sebesar Rp 11.500, ditambah jasa bongkar pasang sebesar Rp 40 ribu. Jadi, total penggantian seal master rem atas di kisaran Rp 135 ribu.

Nah masalah selanjutnya adalah, apakah nanti tiap kelipatan 8.000 km sang pemilik harus mengganti seal master rem ini? Tunggu riset KabarOto selanjutnya ya.

Buka spi pengunci untuk melepas seal master rem