POPULAR STORIES

Cara Gratis Atasi All New Yamaha Nmax Goyang Di Jalan

Cara Gratis Atasi All New Yamaha Nmax Goyang di Jalan Foto: Rio F

KabarOto.com – All New Yamaha Nmax 155 milik salah satu redaksi KabarOto.com mengalami kejadian kurang menyenangkan di jalan. Saat dipakai, terlebih saat melindas garis marka jalan atau menikung, motor terasa goyang dan setang seakan narik ke sisi berlawanan. Tapi tenang, KabarOto akan kasih tahu cara gratis untuk mengatasi keluhan ini.

Pertama tentu harus cek ke bengkel resmi dulu. Ternyata penyebabnya ada di ban. Kok bisa? Padahal odometer skutik lansiran 2021 ini baru menempuh 6.100 km.

Awalnya keluhan dirasa saat motor melindas garis marka jalan atau sedang menikung. Selain goyang di setang, pun terasa seakan motor narik ke arah berlawanan. Awalnya, awak redaksi mengira komponen komstir atau sokbreker yang bermasalah, langsung saja unit tersebut dibawa ke bengkel resmi Yamaha di daerah Bintaro.

Pengecekan awal di komponen komstir dan sokbreker, ternyata tidak mengindikasikan adanya aus atau masalah. Motor diposisikan dengan standar tengah, lalu ditekan bagian belakang agar ban depan tidak menyentuh aspal. Baru setang digoyang ke kiri dan kanan.

Baca juga: Aki Yamaha All New Nmax 155 Connected Sering Tekor, Ini Penyebabnya!

“Kalau komstir yang masalah, pasti terasa di setang. Misal gerakannya berat atau seakan goyang,” terang mekanik bengkel resmi yang enggan disebut namanya itu. Namun saat dicoba, setang masih terasa normal dan tidak ada gejala yang dimaksud.

Pengecekan sokbreker tidak ada kebocoran atau rembes
Pengecekkan sokbreker tidak ada bocor atau rembes

“Bisa saja sebenarnya kita setel ulang, tapi nanti kalau terlalu ringan, justru risiko bearing mudah aus kena getaran dari jalan,” sambung mekanik berpostur tinggi tersebut.

Pun begitu soal sokbreker. Saat dilihat, ternyata Gerakan naik turun sok masih wajar dan tidak ada kebocoran atau rembesan oli, yang mengindikasikan komponen ini tidak bermasalah.

Namun setelah dicoba sampai 2 mekanik, gejalan goyang di setang masih terasa. “Ini biasanya dari ban. Memang cukup banyak yang bilang ban bawaan licin saat hujan dan gampang gelombang,” sambung mekanik itu.

Tapak ban masih tebal, tapi karakternya agak licin

Dari dealer, ban standar All New Yamaha Nmax 155 adalah IRC SS-570F, dengan ukuran 110/70-13 untuk depan dan 130/70-13 di belakang. Nah kalau melihat tapak ban, sebenarnya ban masih terlihat normal alias tidak ada aus hanya di salah satu sisi atau gelombang. Pun alur ban masih terlihat tebal.

Baca juga: Cara Membuka Tangki Bensin Yamaha Nmax Keyless Secara Manual

Hasil browsing dan ngobrol dengan toko ban. Ternyata keluhan senada cukup sering terdengar. Nah, begitu dicek ternyata tekanan angin yang dianjurkan pabrikan, rasanya menurut KabarOto kurang pas. Aslinya, Yamaha merekomendasikan tekanan angin ban di angka 22 psi untuk ban depan dan 34 psi untuk ban belakang.

Hasil uji KabarOto pas dengan tekanan angin 35 psi untuk depan atau belakang

Nah, cara gratis mengatasi goyangan berlebih ini adalah cukup menyambangi SPBU terdekat, tapi yang punya fasilitas kompresor gratis ya. Sebab saat diukur, ternyata tekanan angin ban Nmax milik KabarOto hanya di angka 26 psi, baik depan dan belakang.

Baca juga: Cara Buka Bagasi Honda PCX Dan Yamaha Nmax Secara Manual

Setelah ditambah angin di bengkel resmi, namun sayangnya karena bengkel tak dilengkapi alat pengukur tekanan angin ban. Sayangnya justru tekanan angin jadi terlalu keras. Setelah dicek, pantas saja ada di angka 55 psi.

Hasil riset mencoba berbagai tekanan angin, KabarOto merasa lebih nyaman di angka 35 psi, baik untuk depan atau belakang. Dengan tekanan segini, goyangan lumayan berkurang, walau tentu tak bisa dihilangkan sama sekali ya.

Cara paling tepat tentu ganti ban. Pilihannya banyak kok.