POPULAR STORIES

Resmi! MotoGP Indonesia Bakal Digelar Awal Musim 2022

Resmi! MotoGP Indonesia Bakal Digelar Awal Musim 2022 Sirkuit Mandalika

KabarOto.com – Ajang balap MotoGP Indonesia yang akan digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok akhirnya memiliki tanggal resmi, yaitu Maret 2022.

Keputusan tersebut diambil setelah pihak FIM dan Dorna Sports melakukan inspeksi pra-homologasi di Sirkuit Mandalika pada Rabu (07/04) lalu. Inpeksi ini dilakukan oleh Franco Uncici (FIM Grand Prix Safety Officer), Loris Capirossi (Dorna Race Direction Representative), dan Carlos Ezpeleta (CEO Dorna Sports) selama satu hari penuh.

Baca juga: Begini Reaksi Legenda MotoGP Usai Melihat Sirkuit Mandalika

Tim FIM dan Dorna Sports saat inspeksi

Selama inspeksi pihak FIM dan Dorna didampingi oleh Abdulbar M. Mansore selaku Presiden Direktur Indonesia Tourism Development Corporation (IDTC) dan Ricky Baheramsjah selaku CEO Mandalika Grand Prix Association (MGPA).

Setelah inpeksi, telah diambil keputusan bawha MotoGP Indonesia bakal digelar di awal musim MotoGP 2022 tepatnya di bulan Maret. Keputusan yang diambil oleh FIM dan Dorna untuk memindahkan jadwal GP Indonesia ke awal 2022 karena pandemik Covid-19 yang masih berlangsung.

Tetapi, jika pihak MotoGP bisa menggelar lomba di Asia Tenggara menjelang akhir 2021, pihak penyelenggara terkait akan mengupayakan tes oleh tim-tim MotoGP di Mandalika. Tes tersebut bakal disiapkan sebagai upaya untuk memastikan apakah Mandalika International Street Circuit benar-benar bisa masuk ke kalender MotoGP 2022.

Erick Thohir, Menteri BUMN mendukung penuh MotoGP Indonesia 2022

“Kami juga menyakini bahwa fans MotoGP di Indonesia akan datang berbondong-bondong dan balapan di Mandalika akan menjadi salah satu balapa paling ikonik sepanjang musim depan. Indonesia merupakan pasar penting bagi Dorna dan seluruh stake holders kejuaraan MotoGP,” ungkap Carmelo Ezpeleta.

Baca juga: Hasil Baik Didapat Dua Pembalap Pertamina Mandalika SAG Di Moto2 Qatar

Sementara itu, dengan datangnya dan kepastian MotoGP Indonesia oleh pihak FIM dan Dorna Sports sangat diapresiasi oleh Dirut ITDC, Abdulbar M. Mansoer. “Dengan adanya kepastian waktu penyelenggaraan, kami memastikan untuk tetap fokus dalam menyelesaikan pembangunan sirkuit Mandalika serta memaksimalkan potensi yang akan diperoleh dari event olahraga kelas dunia ini,” ungkap Abdulbar.

Selain itu, ajang MotoGP 2022 juga mendapatkan dukungan dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). “Hal ini sejalan dengan program percepatan vaksinasi nasional oleh Pemerintah Indonesia. Kami ingin menjamin keselamatan seluruh pengunjung baik dari dalam maupun luar negeri. Saya mendukung penuh penyelenggaraan MotoGP di bulan Maret 2022 mendatang,” ungkap Erick Thohir.