Resmi! Valentino Rossi Memutuskan Pensiun Di Akhir MotoGP 2021

Resmi! Valentino Rossi Memutuskan Pensiun di Akhir MotoGP 2021 Sumber Foto : MotoGP

KabarOto.com – Pembalap sembilan kali juara dunia, Valentino Rossi telah resmi mengumumkan pensiun dari Kejuaraan Dunia balap motor Grand Prix.

Valentino Rossi mengumumkan hal tersebut pada konfrensi pers khusus jelang MotoGP Styria 2021 yang digelar pada Kamis (5/8) waktu setempat. Sebelumnya, banyak rumor yang beredar bahwa pembalap bernomor 46 itu akan pensiun di akhir musim ini.

Baca Juga : Tidak Incar Gelar Juara, Ini Target Utama Pramac Racing Di MotoGP 2021

“Saya sudah mengambil keputusan untuk berhenti balapan pada akhir musim ini. MotoGP 2021 akan menjadi musim terakhirku sebagai pembalap MotoGP,” ungkap Valentino Rossi.

Hal yang sulit mengingat dirinya mampu mencetak berbagai prestasi selama 25 tahun sebagai pembalap, termasuk menjadi Juara Dunia MotoGP sebanyak 7 kali.

“Saya sudah melakukannya selama kurang lebih 30 tahun. Tahun depan kehidupan saya akan berubah, tapi semua yang telah saya lalui ini sangatlah luar biasa. Saya sangat menikmatinya, sebuah perjalanan yang sangat panjang. Tidak terasa, 25 tahun di kejuaraan dunia, itu sangat luar biasa,” lanjut Valentino Rossi.

Baca Juga : Ini Perangkat Baru Suzuki Yang Akan Hadir Di MotoGP Styria 2021

Sepanjang karirnya, pembalap dengan sapaan The Doctor itu sudah menjadi juara dunia sebanyak 9 kali. Dengan rincian sekali di kelas 125 cc, sekali di kelas 250 cc, dan 7 kali di kelas 500 cc/ MotoGP. Dan, dirinya sudah mencetak 89 kemenangan dan 199 podium.

Di musim terakhirnya, Rossi akan tampil bersama tim Petronas Yamaha SRT. Namun, penampilannya belum maksimal, dari 9 balapan yang sudah digelar Rossi belum pernah finis di atas peringkat 10 dan baru mengumpulkan 17 poin.