POPULAR STORIES

Review Mobil Bekas: Honda HR-V E Special Edition 2019

Review Mobil Bekas: Honda HR-V E Special Edition 2019 Honda HR-V E Special Edition 2019 (Foto : Rizky/KabarOto)

KabarOto.com – Mobil kelas compact Sport Utility Vehicle (SUV) masih menjadi idaman untuk pasar Indonesia karena tidak terlalu besar dan memiliki ground clearance cukup tinggi. Salah satunya adalah Honda HR-V.

Honda HR-V berkode bodi RU1 ini memulai debutnya di Indonesia pada 2015 silam untuk melawan Chevrolet Trax, Mazda CX-3, Nissan Juke, Suzuki SX4 S-Cross, dan Toyota CH-R. Tetapi, kedua rivalnya harus tumbang seperti Chevrolet Trax dan Nissan Juke.

Baca juga: Review Mobil Bekas: BMW X5 E53 2003

Meskipun para rivalnya memiliki fitur yang lebih apik, HR-V tetap menjadi compact SUV terlaris di kelasnya. Kala itu, HRV-V memiliki beberapa piliihan varian seperti A, S, E, serta Prestige dan dua pilihan mesin yaitu empat silinder 1.500 cc dan 1.800 cc.

Pada 2018, mobil ini memiliki facelift ringan dengan beberapa varian yaitu S, E, E Special Edition dan Prestige. Lalu, pada bulan Mei lalu generasi terbaru HR-V resmi meluncur dengan tampilan serta fitur-fitur canggih seperti Honda Sensing sudah menjadi standar.

Meskipun begitu, HR-V lawas masih menjadi incaran para keluarga Indonesia karena memiliki mesin yang bandel dan kepraktisan yang baik.

Tampilan

Memiliki ground clearance cukup tingg dan lampu rem LED

Secara tampilan, tidak banyak perubahan dari model pre-facelift. Hanya saja, untuk varian E Special Edition memiliki perbedaan dari lampu utama dan foglamp LED. Sementara, untuk varian S dan E dibekali lampu proyektor halogen.

Pelek model lima palang dengan finishing dual-tone 17 inci. Pelek ini dibalut ban Bridgestone Turanza berukuran 215/55 R17.

Lanjut ke belakang, tidak banyak ubahan masih menggunakan lampu pre-facelift dengan titik LED sementara untuk lampu sein dan mundur masih bohlam biasa.

Interior

Beralih ke interior, desain kokpit cukup modern dan mengutamakan pengemudi. Untuk varian E Special Edition ini menggunakan head unit 10 inci model floating. Panel AC sudah layar digital mudah digunakan tetapi mudah kotor. Pada bagian baris kedua, penumpang akan di manjakan oleh ruang kepala dan kaki yang lega sehingga nyaman untuk perjalan jauh. Untuk meningkatkan kepraktisan, HR-V dibekali konfigurasi ultra seat memudahkan pelipatan kursi untuk membawa barang cukup banyak dan besar.

Interior modern dengan panel tengah memanjang

Baca juga: Honda BR-V Dan HR-V Raih Penghargaan Carvaganza Editors’ Choice Award 2022

Mesin dan Transmisi

Soal performa, mobil ini dibekali unit mesin L15 4 silinder, SOHC, i-VTEC berkapasitas 1.500 cc yang memiliki keluaran tenaga hingga 118,5 dk di 6.600 rpm dengan torsi 145 Nm di 4.600 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT.

Soal mesin ini, tentu memiliki performa yang cukup baik terutama di putaran mesin (rpm) menengah ke atas jika ingin mendapatkan tenaga yang maksimal. Transmisi CVT ini juga terasa sangat halus dan dapat memaksimalkan konsumsi bahan bakar.

Mesin 4 silinder SOHC i-VTEC 1.500 cc

Mobil ini juga memiliki karakter suspensi yang cukup nyaman tetapi tetap stabil saat melibas tikungan. Tetapi, suspensi ini terutama bagian depan mudah rusak terutama jika sering melibas jalan berlubang.

“Biasanya, pada bagian kaki-kaki itu ada bunyi gluduk-gluduk itu harus cepat diganti. Karena, jika dibiarkan bisa merembet dan mengeluarkan biaya yang cukup mahal. Biasanya sih kalau HR-V sudah menempuh jarak 60.000 km harus segera diganti,” ungkap Tito selaku Kepala Bengkel Diler Honda Karawaci.

Selain kaki-kaki, bagian rack steer juga sering bermasalah terutama di bagian sistem Electric Power Steering (EPS). Biasanya, kendala ini muncul jika sudah melewati jarak tempuh lebih dari 50.000 km atau 5 tahun.

Terakhir, jika Sobat ingin membeli HR-V bekas disarankan melakukan pengecekan di bagian mesin. Pasalnya, tenaga mesin tidak maksimal jika di isi oleh bahan bakar oktan di bawah RON 92 karena akan timbul kerak di ruang bakar.

Baca juga: Test Drive All New Honda HR-V SE CVT, Tampilan Baru SUV Modern

“Kalau untuk mesin jika tidak menggunakan bensin RON 92 akan timbul kerak di ruang bakar. Ini bisa diatasi dengan melakukan injector cleaner dan carbon cleaner supaya ruang bakar bersih dan tenaga mesin lebih maksimal,” lanjut Tito.

Soal biaya perbaikan, untuk suspensi depan perlu merogoh kocek hingga Rp 3.850.000 dan untuk rack steer perlu mengeluarkan biaya dari Rp 2 hingga 4 jutaan.

"Selama dipakai, mobil ini cukup memuaskan. Peruntukannya sebagai transportasi dari rumah ke kantor sangat memuaskan. Apalagi model compact SUV ini memiliki stabilitas yang baik, namun agak keras ketika menemukan jalan bergelombang atau berlubang," pungkas Rio selaku pemilik kendaraan.

Ia juga menambahkan, jika konsumsi bahan bakarnya cukup normal. Dalam kota saja bisa 8,2 kpl hingga 9 kpl, sedangkan untuk luar kota bisa mencapai 14,8 kpl. Tapi itu semua tergantung dari cara dan gaya membawa kendaraannya.

Soal pajak, Honda HR-V tipe E Special Editon rakitan 2019 ini memiliki pajak sekitar Rp 4,8 jutaan.

Jika Sobat tertarik Honda HR-V bekas lansiran 2019 ini, harganya cukup menarik yaitu mulai dari Rp 275 juta hingga Rp 305 jutaan. Harga tersebut tergantung dari kondisi ya Sob!