POPULAR STORIES

Review Mobil Bekas Honda Jazz GD3 VTEC 1.5 CVT

Review Mobil Bekas Honda Jazz GD3 VTEC 1.5 CVT Foto : Kipli KabarOto

KabarOto.com - Generasi pertama Honda Jazz di Indonesia berkode GD3, menjadi salah satu pelopor mobil city car bertransmisi CVT seperti sekarang. Lalu seperti apa sih spesifikasi mobil ini? Yuk kita kenalan singkat.

Pada penjualan 2004 hingga 2007, ada sempat punya dua opsi mesin yaitu i-DSI dan VTEC. Namun unit yang kita bahas kali ini adalah VTEC lansiran 2008 atau edisi terakhir sebelum beralih ke generasi kedua (GE8).

Dimensi mobil ini memiliki panjang 3.830 mm, lebar 1.693 mm dan tinggi 1.525 mm. Bodinya kompak dengan desain yang sporty membuatnya sampai sekarang masih cukup sedap dipandang, dan tidak termakan zaman. Apalagi kalau tipe VTEC sudah mendapatkan body kit, seperti side skirt dan spoiler.

Baca juga: Modifikasi Honda Civic VTi-S Limited R Dijejali Turbo

Bagian lampu-lampunya masih menggunakan teknologi halogen di bagian depan, sementara untuk versi terakhirnya bagian stoplamp sudah memakai model LED. Lalu mobil ini menggunakan pelek ukuran 15 inci model multi palang dibalut ban ukuran 185/55 R15.

Sementara bagian pengereman rem depannya sudah cakram, namun belakangnya masih tromol. Kemudian suspensi depan menggunakan model MacPherson dan belakang torsion beam.

Untuk mesin menggendong teknologi VTEC (Variable Valve Timing & Lift Electronic Control), jelasnya adalah 4 silinder, SOHC, berkapasitas 1.500 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 110 dk pada 5.800 rpm, dan torsi maksimum 143 Nm pada 4.800 rpm. Tenaga dialirkan melalui dua pilihan transmisi, yaitu manual 5 percepatan atau CVT simulasi 7 percepatan.

Melihat bagian interior, Jazz GD3 memang kompak tapi cukup luas layaknya sebuah MPV. Banyak ruang penyimpanan baik di bagian depan penumpang yang memiliki separator. Lalu ruang penyimpanan terbuka di bagian bawahnya hingga ke sisi pengemudi.

Lalu joknya masih menggunakan model fabric yang motifnya cukup unik karena perforasi dan sudah ada pengaturan ketinggian model putar. Begitu juga di bagian setirnya menggunakan model perforasi, berikut pengaturan simulasi 7 percepatannya bagi transmisi CVT, serta setir hanya bisa diatur naik dan turun.

Baca juga: Modifikasi Honda City Hatchback Aplikasikan Gaya JDM

Soal sistem entertainment kemungkinan para pemilik tinggal upgrade ke model modern dengan layar monitor, karena sudah tersedia ukuran double din. Sementara pengaturan AC masih model putar, dengan arah semburan lengkap dan fungsi pemanas. Serta sudah disediakan power outlet 12V untuk charger smartphone.

Kelebihan lain dari Jazz adalah ultra seat, tidak hanya bagasi luas, jika kurang tinggal lipat saja jok belakang yang punya mekanisme 60:40, maka anda akan mendapat bagasi rata lantai.

Tidak hanya itu jok baris kedua bisa diberdirikan bila anda butuh mengangkut barang tinggi. Serta jika mau bersantai, tinggal rebahkan total jok depan, maka bagian sandaran punggung dapat menyatu hingga ke jok belakang.

Soal harga, banderol Jazz GD3 VTEC beragam tergantung kondisi, tahun, dan tipe. KabarOto cek di sosial media atau marketplace harga Jazz GD3 VTEC bekas berkisar Rp 70 juta hingga Rp 100 jutaan. Soal pajak, untuk tahun 2008 sekitar Rp 2,2 jutaan.