POPULAR STORIES

Review Mobil Bekas : Mitsubishi Pajero Sport Dakar 2013

Review Mobil Bekas : Mitsubishi Pajero Sport Dakar 2013 Mitsubishi Pajero Sport Dakar 2013 (foto ; Rizky/KabarOto)

KabarOto.com – Mobil kelas Sport Utility Vehicle (SUV) masih menjadi idaman untuk pasar Indonesia. Alasan daya angkut penumpang dan barang, serta ground clearance tinggi. Salah satunya adalah Mitsubishi Pajero Sport Dakar lansiran 2013.

Sedikit sejarah, Mitsubishi Pajero Sport masuk ke pasar Indonesia sejak 2009. Kala itu, Pajero Sport generasi kedua ini hadir dengan beberapa varian yaitu GLS, GLX, dan Exceed dengan penggerak 4x2 dan 4x4. Untuk ketiga varian ini dibekali unit mesin 4D56 4 silinder segars Common Rail Turbocharged berkapasitas 2.500 cc yang memiliki keluaran tenaga 136 dk dengan torsi 324 Nm.

Baca juga : Imbas Kenaikan BBM, Harga SUV Diesel Bekas Menurun

Pajero Sport mendapat sambutan hangat bagi konsumen Indonesia, pada 2011 SUV ini hadir dengan teknologi mesin Variable Geometry Turbo (VGT). Teknologi ini hadir untuk varian Dakar sehingga tenaganya meningkat menjadi 178 dk dengan torsi 350 Nm. Tenaga tersebut lebih besar dari Toyota Fortuner VNT.

Adapun, pada tahun 2013 Pajero Sport mengalami facelift ringan dan menyuntik mati varian GLS. Seakan tidak puas dengan, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menambah varian mesin bensin MIVEC V6 berkapasitas 3.000 cc pada tahun 2014. Sebelum pada akhirknya Pajero Sport generasi ketiga hadir pada tahun 2016 dengan tampilan baru dan dibekali mesin baru berkode 4N15 MIVEC berkapasitas 2.400 cc.

Dari eskterior, tampilannya gahar dan sporty dengan penggunaan lampu berteknologi proyektor HID. Pada bagian bumper terdapat foglamp halogen dengan housing plastik silver dan add on bumper sehingga membuat tampilannya sporty. Pada bagian samping, tampilannya cukup simpel dengan sedikiti imbuhan krom pada handle pintu dan spion saja. Lalu, penggunaan pelek multipalang ukuran 17 inci yang dibalut ban berkuran 265/65 R17.

Berlanjut ke belakang, terlihat simpel dengan penggunaan spoiler belakang dan lampu belakang cukup sporty. Lalu, pada bagian bumper terdapat sensor parkir empat titik dengan lampu mundur.

Baca juga: Ternyata, Ini Cara Daihatsu Pertahankan Performa Penjualan Di Indonesia

Beralih ke interior, desain dasbor cukup sporty dengan kombinasi warna hitam, silver dan coklat. Pada bagian tengah, terdapat layar MID yang cukup lengkap untuk head unit double din ini merupakan modifikasi pemilik ya Sob. Pasalnya, head unit aslinya hanya single din seperti mobil lawas. Pengaturan AC model knop putar ini sudah memiliki fitur auto dan arah semburan lengkap. Adapun penggunaan sunroof untuk baris pertama.

Pada baris kedua, sayangnya ruang kaki dan kepala cukup sempit namun penumpang akan dimanjakan dengan kisi-kisi AC individual di bagian atap. Adapun baris ketiga memiliki ruang yang sempit dan tidak diperuntukan untuk orang dewasa.

Soal performa, SUV ini dibekali mesin 4 silinder common rail turbodiesel, 4D56 berkapasitas 2.500 cc memiliki keluaran tenaga 178 dk dengan torsi 350 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang atau semua roda 4x4 melalui transmisi otomatis 5 percepatan.

Untuk penggunaan harian atau touring jarak jauh mobil ini cukup nyaman dan memiliki performa yang apik. Namun, untuk mengeluarkan tenaga yang maksimal disarankan untuk mengisi BBM Pertamina Dex.

“Soal mesin sih ini enak ya terutama untuk perjalanan tol dan nanjak. Tapi, kalau di isi bio solar tenaganya kurang galak jadi minimal isi Dexlite atau Pertamina Dex. Kalau melewati jalan berlubang ini tidak nyaman dan membuat mual karena bodinya bergoyang. Kalau perawatan sih yang penting rajin servis di bengkel,” ungkap Dava selaku pemilik Pajero Sport Dakar.

Mesin 4D56 4 silinder segaris 2.500 cc memiliki keluaran tenaga 178 dk dengan torsi 356 Nm

Baca Juga : Bengkel Mobil Esa, Layani Beragam Servis Kendaraan Diesel

Bagi Sobat KabarOto yang ingin membeli Pajero Sport lawas, jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan di sektor mesin dan kaki-kaki. Pasalnya, pada bagian kaki-kaki harus dilihat bagian sokbreker. Karena saat dites jalan tidak terlalu berasa signifikan.

“Kalau mobil keluar asap hitam, coba mengganti filter solar. Tetapi, jika performa mobil menurun disarankan untuk melakukan servis injektor karena kotoran solar itu menumpuk di nozzle injektor. Jangan lupa saat melakukan pemeriksaan mobil dengan menekan pedal gas sedikit demi sedikit untuk memastikan mesin sehat dan tidak keluar asap hitam yang banyak,” ungkap Eko Suryo selaku pemilik bengkel Esa Diesel.

Jika Sobat berminat, Mitsubishi Pajero Sport Dakar 2013 ini dijual mulai dari Rp 230 juta hingga Rp 265 jutaan dengan pajak sekitar Rp 5 jutaan. Jadi bagaimana Sob, tertarik?

Ruang bagasi cukup tinggi dan pelipatan kursi belakang tidak rata sempurna