Revolusi Pengisian Baterai, Volkswagen Gunakan Mobile Robot

Revolusi Pengisian Baterai, Volkswagen Gunakan Mobile Robot

KabarOto.com - Revolusi pengisian baterai kini semakin mencerahkan para pengguna mobil listrik. Di saat masih terbatasnya tempat pengisian ulang baterai mobil listrik, Volkswagen Group Component menyodorkan mobile robot pengisian baterai.

Yup, mobil tersebut akan disebar di tiap parkiran. Secara mandiri mobile robot tersebut akan menuju mobil yang telah memesan pengisian baterai. Canggihnya lagi, tanpa bantuan manusia untuk pengoperasian pengisian baterai mobil listrik.

Baca juga: Mobil Listrik Volkswagen ID.3 akan Punya Suara Khusus Buatan Komposer

Setelah melakukan pengisian baterai sesuai permintaan pemilik mobil listrik, mobile robot tersebut akan kembali lagi ke tempatnya untuk mengisi ulang baterai yang dibawanya.



Setiap robot ada kamera dan pemindai laser serta sensor ultrasonic. Mobile robot ini memungkinkan bisa menuju ke mobil pemesan tanpa ada kendala terhalang di area parkiran.

"Mobile robot pengisian baterai listrik menjadi terobosan baru dalam pengisian ulang di fasilitas perparkiran, seperti parkiran umum hingga parkiran bawah tanah. Karena kita membawa infrastruktur pengisian ulang baterai ke mobil dengan cara berbeda," ujar Mark Möller, Head of Development Volkswagen Group Components.

"Adanya terobosan ini akan memudahkan semua mobil listrik yang terparkir, tanpa terkendala ketersediaan infrastruktur. Ini adalah prototype masa depan, yang bisa diwujudkan dalam waktu dekat, bila kondisinya sangat memungkinkan," jelasnya.



Setiap robot memiliki kapasitas 25 kWh. Dapat dikoneksikan dengan aplikasi atau komunikasi V2X. Perangkat pengisian juga memungkinkan melakukan pengisian cepat DC dengan langsung menyuntikkan 50 kW ke kendaraan.

Mobile robot ini memang masih bagian dari rencana Volkswagen menyediakan fasilitas untuk kendaraan listriknya. Pada tahap awal hingga tahun 2025, Volkswagen akan menyiapkan 36.000 tempat pengisian di kawasan Eropa. Selain itu meluncurkan kotak untuk pengisian di rumah yakni ID.Charger.

Kerjasama pengisian baterai juga akan melibatkan IONITY dengan menempatkan tempat pengisian cepat sebanyak 400 buah di jalan raya Eropa. Rencana jarak menengah adalah memastikan kendaraan listrik akan pengisiannya semudah menggunakan ponsel.