POPULAR STORIES

Rifat Sungkar Bawa Xpander Rally Team Gaspol Di Tropical Sprint Rally 2021 Seri Perdana

Rifat Sungkar Bawa Xpander Rally Team Gaspol di Tropical Sprint Rally 2021 Seri Perdana

KabarOto.com - Mitsubishi Xpander AP4 tunjukkan performa terbaiknya pada Kejuaraan Nasional Sprint Rally yang bertajuk Fortuna Nusantara Tropical Sprint Rally (10/04).

Pada Special Stage (SS) pembuka Kejuraan Nasional 2021 yang berlangsung di Sirkuit Badak, Tanjung Lesung, Banten itu Mitsubishi Xpander AP4 menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 2 menit 24,9 detik.

Menurut catatan timnya, Xpander AP4 yang dikemudikan pasangan Rifat Sungkar dan M. Redwan meninggalkan jauh lawan-lawannya, baik pada kategori M1 maupun secara overall.

Baca Juga: Pilih Transmisi Manual Atau Matik Untuk Balap? Ini Kata Rifat Sungkar

Rifat Sungkar, pereli sekaligus pendiri Xpander Rally Team mengaku performa Xpander AP4 sudah terasa memuaskan sejak shakedown (uji coba lintasan dan latihan resmi) pada hari Jum'at, 9 April 2021.

Ia mengaku tidak menyangka performa besutannya akan sebaik itu mengingat karakter lintasan di Sirkuit Badak sangat berbeda dengan lintasan yang pernah dilalui Xpander AP4, baik saat uji coba di Selandia Baru maupun saat mengikuti kejuaraan pada tahun 2020 silam.

“Ternyata sekali mobilnya. Padahal baru kali ini kami menghadapi lintasan seperti Sirkuit Badak yang sangat bergelombang. Set-up mobil juga sangat berbeda dari semua set-up yang pernah kita lakukan sebelumnya,” ucap Rifat.

Rifat menambahkan, memang harus ada penyesuaian untuk SS berikutnya, namun hasil di hari pertama sangat-sangat bagus.

Baca Juga: Unek-unek Rifat Sungkar Tentang Modifikasi Di Indonesia

Fortuna Nusantara Tropical Sprint Rally 2021 merupakan event pembuka pada kalender Kejurnas Rally tahun 2021 ini. Sirkuit Badak yang menjadi venue Kejurnas Sprint Rally tersebut berada di kawasan Tanjung Lesung, Banten, dengan memiliki panjang lintasan 4,75km.

Ia bilang, karena permukaan lintasan yang berpasir, lumpur dan berbatu, tim XRT melakukan set-up khusus pada bagian suspensi. Tim XRT sendiri sangat mengapresiasi IMI Pusat dan IMI Banten atas terlaksananya Fortuna Nusantara Tropical Sprint Rally 2021, karena mampu menyelenggarakan event yang membuat dunia balap Indonesia tetap bergeliat di tengah Pandemi Covid-19 yang belum usai.