Rivian Akan Membangun Pabrik Perakitan Kedua Untuk Mobil Listrik

Rivian akan Membangun Pabrik Perakitan Kedua untuk Mobil Listrik

KabarOto.com - Rivian siap berekspansi secara besar-besaran. Reuters pada hari Kamis melaporkan startup mobil listrik sedang mencari untuk membangun pabrik perakitan kendaraan baru di Amerika Serikat. Lokasi baru tersebut akan menjadi fasilitas produksi kedua setelah bekas pabrik Mitsubishi yang dikonversi di Normal, Illinois.

"Meskipun masih dalam proses yang berkembang, Rivian sedang menjajaki lokasi untuk fasilitas manufaktur AS kedua," kata juru bicara Rivian dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Pasar Mobil Listrik Porsche Terus Berkembang Di Asia Tenggara

Pihak Rivian berharap dapat bekerja dengan komunitas yang mendukung dan maju teknologi untuk menciptakan kemitraan sekuat yang mereka miliki dengan Normal, Illinois.

Juru bicara itu tidak berbicara dengan rincian lain yang terungkap dalam laporan Reuters, tetapi banyak negara bagian sudah dalam proses penawaran untuk bisnis Rivian. Mengutip empat sumber yang mengetahui rencana tersebut, Reuters mengatakan pengumuman resmi apa pun masih beberapa bulan lagi dan dapat ditunda di tengah pandemik Covid-19.

Baca juga: Uniknya Aksesori Dapur Portable Pada Rivian R1T

Rivian akan membutuhkan 2.000 hektar lahan untuk satu hari menghasilkan mobil listrik dan sel baterai. Selanjutnya, proyek tersebut beralih ke karbon-netral sesegera mungkin.

Tidak jelas apakah lokasi produksi baru akan melengkapi lini produksi yang ada di Illinois, atau apakah ekspansi ini menandakan kendaraan tambahan dari startup yang relatif baru. Rivian baru-baru ini kembali menunda pengiriman pikap listrik R1T dan SUV listrik R1S masing-masing dari Juli hingga September dan kemudian musim gugur ini. Perusahaan juga sibuk membuat van pengiriman listrik untuk salah satu investor terbesarnya yakni Amazon.