Rossi: Marquez Sudah Merusak MotoGP

Dimas Satrio Utomo
Dimas Satrio Utomo 09 Apr 2018 - 15:01
Rossi: Marquez Sudah Merusak MotoGP
Valentino Rossi (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images South America)

KabarOto.com - Valentino Rossi terlibat insiden dengan pembalap Repsol Honda, Marc Marquez dimana momen keduanya bersenggolan saat balapan tinggal menyisakan 4 lap di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Senin (09/04). Akibatnya Rossi jatuh dari motornya dan walau bisa melanjutkan balap, tapi harus puas mengakhiri balapan di posisi ke-19.

Usai lomba, Rossi mengecam aksi tak sportif pembalap asal Spanyol itu yang dinilai sudah merusak olahraga MotoGP. "Ini adalah situasi yang sangat buruk karena ia menghancurkan olahraga kami, karena ia tidak memiliki respek untuk para rivalnya, tak pernah demikian," ungkap The Doctor, dilansir Crash, Senin (09/04).

"Ketika Anda melaju 300 kilometer per jam di trek, Anda harus menghormati rival Anda, Anda harus kuat, memberikan yang terbaik, tapi jika seperti ini, sudahlah."

"Jika Anda mengambil contoh apa yang terjadi akhir pekan ini - satu per satu, itu bisa terjadi, bisa terjadi kepada siapapun. Anda bisa membuat kesalahan di pengereman, Anda bisa bersentuhan dengan orang lain, itu bisa terjadi, ini balapan."

Baca Juga: Rossi Menilai Perangkat Elektronik Jadi Masalah Utama Yamaha

"Tapi dari Jumat pagi, dia sudah berbuat seperti ini dengan [Maverick] Vinales, [Andrea] Dovizioso, dia melakukannya lagi pada saya Sabtu pagi - dan hari ini di balapan dia menyenggol 4 pembalap karena dia melakukannya dengan sengaja."

"Itu bukan sebuah kesalahan karena ia mengarahkan kakinya, di antara kaki dan motor, karena ia tahu tidak akan terjatuh tapi Anda yang terjatuh - ia berharap Anda yang terjatuh."

Rossi pun menuntut Race Director, Mike Webb untuk mengambil sikap atas perbuatan ceroboh yang dilakukan Marquez kepada dirinya. The Doctor berharap Marquez mendapatkan hukuman atas perbuatannya, seperti yang pernah dialaminya kala di Sepang, Malaysia.

Baca Juga: Sambut MotoGP 2018, Rossi Luncurkan Desain Hem Baru

"Mereka harus melakukan sesuatu agar Marquez tidak bertingkah lagi seperti ini. Jika setiap pembalap mulai berperilaku seperti ini, itu hanya akan menimbulkan kekacauan," ujar pengoleksi sembilan gelar juara tersebut.

"Seperti yang aku katakan, Race Direction memiliki tanggung jawab yang besar. Mereka harus melakukan sesuatu. Dengan penuh rasa hormat, para pembalap butuh perlindungan dari Race Direction. Jika tak ada hukuman, dia akan melakukan hal yang sama pada balapan berikutnya.

Akibat perbuatannya itu, Marc Marquez harus menelan pil pahit dengan menerima hukuman penalti selama 30 detik. Alhasil, posisinya turun ke peringkat 18 (semula posisi ke-5).

Editor : rio