Ruas Tol Tangerang Mulai Uji Coba Kebijakan Ganjil Genap

Ruas Tol Tangerang Mulai Uji Coba Kebijakan Ganjil Genap Ruas Tol Jakarta-Tangerang

KabarOto.com - Paket kebijakan baru mengenai pembatasan kendaraan yang tertuang melalui aturan ganjil genap di ruas jalan tol, akan semakin luas jangkauannya. Setelah sukses diterapkan di sebagian jalan Tol Jakarta-Cikampek, aturan tersebut rencananya akan diberlakukan di jalan Tol Tangerang menuju Jakarta.

Sosialisasi mengenai paket kebijakan ganjil genap tersebut pun mulai dilakukan pada hari ini, Senin (2/4/2018) di ruas tol Tangerang menuju Jakarta. Hal tersebut untuk mengedukasi masyarakat para pengguna jalan tol agar bersiap menghadapi kebijakan baru tersebut, hingga pada akhirnya aturan tersebut mulai diberlakukan.

Baca juga: Bukan Hanya Infrastruktur, Jasa Marga Mulai Rambah Bisnis Properti

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan, Bambang Prihartono mengatakan rencana penerapan kebijakan tersebut akan mulai diterapkan sebelum bulan puasa tahun ini.

"Kami akan melakukan survei terlebih dahulu untuk penerapannya. Kebijakannya hampir mirip seperti di Bekasi. Senin 2 April 2018, sosialisasi dimulai," ungkapnya.

Penanganan Kendaraan Overload di jalan Tol
Penanganan Kendaraan Overload di jalan Tol

Sementara Dwimawan Heru, AVP Corporate Communication PT Jasa Marga mengatakan, setelah pemberlakuan paket penanganan kepadatan di ruas Tol Jakarta-Cikampek. Pemerintah berencana untuk memberlakukan paket tersebut di beberapa ruas tol lainnya.

"Saat ini sedang dalam tahap pembahasan stakeholders terkait. Mengenai kepastian ruas mana yang akan dijalankan dulu dan tanggal pemberlakuan kami belum bisa memberikan informasi secara rinci. Karena masih dalam tahap pembahasan," jelas Heru kepada KabarOto, Senin (2/4/2018).

Untuk diketahui, aturan ganjil genap di Tol Tangerang akan diterapkan dari Senin-Jumat, pukul 06.00 WIB-09.00 WIB. Pembatasan kendaraan berat, pemberlakuan jalur khusus bus, serta fasilitas bus premium, juga akan dilakukan berbarengan dengan penerapan ganjil genap. Ketiga paket kebijakan Menteri Perhubungan tersebut rencananya juga akan diterapkan di ruas tol Tangerang menuju Jakarta.

Meski begitu, sistem tersebut tidaklah berlaku pada hari libur nasional. Pemberlakuan ganjil genap tersebut, untuk mengatasi kemacetan yang luar biasa di ruas tol di pagi hari.