POPULAR STORIES

Kecelakaan Setya Novanto, Arti Penting Peran Seat Belt

Kecelakaan Setya Novanto, Arti Penting Peran Seat Belt SUV yang ditumpangi Setya Novanto saat terjadi kecelakaan (istimewa)

KabarOto.com - Kecelakaan yang dialami Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Setya Novanto, menyadarkan kita tentang betapa pentingnya peran seat belt pada mobil.

Setya Novanto mengalami kecelakaan lalu lintas dalam perjalanan dari luar kota menuju studio salah satu televisi nasional di wilayah Jakarta Barat, Kamis (16/11/2017).

Mobil Toyota Fortuner B 1732 ZLO diketahui menabrak tiang listrik di sekitar wilayah Permata Berlian, Jakarta Selatan. Dia diduga tidak menggunakan seat belt atau sabuk pengaman saat duduk di belakang.

Seat belt atau sabuk pengaman berfungsi untuk mengurangi dampak saat mobil mengalami kecelakaan. Meski demikian, masih banyak pengendara yang menyepelekan fungsi dari fitur ini

baca juga:

Pemerintah telah mengatur dalam peraturan nomor 55 tahun 2012 tentang kendaraan hanya mensyaratkan penggunaan sabuk pengaman oleh pengemudi dan penumpang yang berada di depan saja.

Dengan demikian, penumpang yang berada pada baris kedua dan ketiga mobil tidak diharuskan mengenakan sabuk pengaman. Setelah kejadian ini, kita seolah tersadar bahwa penumpang di baris kedua dan ketiga juga butuh mengenakan seat belt.

Instruktur Senior Jakarta Defensive Driving Consulting, Mira K Safri mengatakan, sabuk pengaman tak hanya berperan penting bagi pengemudi dan penumpang kursi depan.

"Semua yang berada di dalam kendaraan harus menggunakan sabuk pengaman. Karena adanya inersia yang terjadi atau kecepatan massa, sehingga orang yang tidak terikat sabuk pengaman akan bergerak mengikuti gerak kendaraan," ujarnya.