POPULAR STORIES

Saat MotoGP Berlangsung Di Mandalika, Hanya Kendaraan Ini Yang Bisa Parkir Dekat Sirkuit

Saat MotoGP Berlangsung di Mandalika, Hanya Kendaraan Ini yang Bisa Parkir Dekat Sirkuit Untuk menuju sirkuit Mandalika, penonton MotoGP harus menggunakan shuttle bus yang sudah diseiakan (Foto ilustrasi: istimewa)

KabarOto.com - Indonesia akan menyelenggarakan event balap dunia, MotoGP. Event yang menampilkan pembalap dari berbagai negara dengan tim-tim besar tersebut, menyedot perhatian para pecinta MotoGP di Tanah Air.

Mereka pun sudah melakukan pembelian tiket untuk melihat para idolanya bertarung di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat, 18-20 Maret 2022.

Nah, bagi Anda yang sudah membeli tiket nonton MotoGP juga pesawat, ada yang harus diperhatikan. Bahwa nantinya, para penonton tidak diizinkan membawa kendaraan pribadi seperti motor dan mobil sampai di tempat parkir dekat sirkuit.

Baca juga: Kemenhub Anggarkan Rp21,2 Miliar Sukseskan MotoGP Di Mandalika

Pembalap tim Repsol Honda Marc Marquez menjalani tes pramusim di Mandalika (Foto: Istimewa)

Kementerian Perhubungan akan mempersiapkan moda transportasi untuk membawa para penonton ini dari shuttle yang sudah ditentukan menuju area sirkuit. Hal itu untuk mencegah kepadatan kendaraan di lokasi.

Manajemen dan rekayasa lalu lintas pun akan disiapkan oleh Kemenhub beserta Polri. Ada 278 unit bus dari simpul-simpul transportasi di Lombok.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat yaitu Budi Setiyadi menyatakan, dari 278 unit bus Bantuan Kemenhub mencakup 27 unit bus besar, 70 unit bus sedang, 181 unit bus kecil.

Baca juga: Jokowi Minta Jumlah Penonton MotoGP Mandalika Dibatasi 60 Ribu Orang

Kemenhub juga menurut Budi sudah menyediakan bus pengumpan (shuttle bus) yang melayani 7 rute di dalam Kawasan Mandalika, dari Parkir Barat dan Parkir Timur menuju Gate 1, Gate 2 dan Gate 3 Sirkuit Mandalika. Kemenhub telah disediakan 184 unit bus sedang.

“Untuk akses dari antar moda ke lokasi, pergerakan masyarakat itu jaraknya akan kita perpendek. Jadi nanti pergerakan ke dalam sirkuit menggunakan (bus) feeder-feeder kita,” jelasnya, Selasa kemarin (01/03).

Turun dari bus, penonton bisa jalan kaku untuk masuk, jaraknya 100 - 150 meter saja. Kendaraan yang bisa masuk ke area sirkuit hanya VIP, mobil-mobil pejabat, tim dan pembalap, serta kendaraan yang sudah mendapatkan akses dari panitia.