POPULAR STORIES

Sambut MotoGP Dan WSBK 2022, Sirkuit Mandalika Penuhi Homologasi

Sambut MotoGP dan WSBK 2022, Sirkuit Mandalika Penuhi Homologasi Sirkuit Pertamina Mandalika (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Sirkuit Mandalika, merupakan arena balap mobil dan motor kebanggaan bangsa Indonesia. Berbagai persiapan dilakukan oleh Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) untuk menyambut MotoGP dan World Superbike 2022.

Fokus pembangunan dilakukan di kelengkapan penyelenggaraan balapan, sarana dan prasarana pendukung sirkuit. Peningkatan balapan di Pertamina Mandalika International Street Circuit diperlukan, untuk memenuhi syarat homologasi MotoGP.

Baca Juga: Minoru Morimoto: Kemenangan Toprak Di Sirkuit Mandalika Membuat Bangga

Penilaian homologasi dilakukan dengan beberapa syarat dan ketentuan Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) Guidlines, yaitu alat pelindung tambahan, marka lintasan, daerah ambang, lapisan kerikil, pembatas ban, rambu belok, lampu start, sumbu pit lane, grid start, tiang bendera marshal, panel lampu dan perlengkapannya, lintasan pos dan peralatan marshal, pemeliharaan trek, sistem saluran air serta zona penalti.

Mandalika Sirkuit (Foto: Istimewa)

Vice CEO MGPA Cahyadi Wanda mengatakan, saat ini, mereka fokus melengkapi penyelenggaraan balapan dan fasilitas pendukung sirkuit, untuk memenuhi prasyarat penyelenggaraan MotoGP dan WSBK di Mandalika tahun depan.

Ia optimis, seluruh prasyarat dapat terpenuhi dan lolos homologasi sebelum balapan berkelas dunia tersebut dimulai. Seperti diberitakan sebelumnya, Dorna Sports sudah menetapkan pelaksanaan MotoGP di Indonesia pada 18-20 Maret 2022. Sementara, WSBK akan berlangsung 11-13 November 2022.

ITDC sendiri, saat ini sedang persiapkan perbaikan akses keluar masuk kendaraan, pedestrian dan saluran drainase di sekitar Sirkuit, penataan landscape menyelesaikan pembangunan Pit Building (non modular part).

Baca Juga: Jadwal Sementara WSBK 2022, Sirkuit Mandalika Jadi Tuan Rumah Lagi

Selain itu, akan dibangun juga tambahan grand stand di 11 titik, mengelilingi sirkuit, untuk kenyamanan penonton. Grand stand ini ditambahkan, untuk mengantisipasi jumlah penonton MotoGP, diperkirakan melebihi WSBK. Seluruh persiapan ini, ditargetkan bakal selesai pada Maret 2022.