POPULAR STORIES

Sarhunta, Penginapan Dengan Fasilitas Bintang Tiga Di Sirkuit Mandalika

Sarhunta, Penginapan dengan Fasilitas Bintang Tiga di Sirkuit Mandalika Sarhunta siap digunakan wisatwan di mandalika (Dok. Kementerian PUPR)

KabarOto.com - Ajang balap motor World Superbike (WSBK) sudah siap dilaksanakan pertengahan November 2021 mendatang, di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Bahkan tahun 2022, Mandalika akan menggelar MotoGP.

Mendukung event tersebut, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Perumahan sudah selesaikan pembangunan 300 unit sarana hunian pariwisata (sarhunta) dengan fasilitas Bintang tiga. Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid mengatakan, Kementerian PUPR siap sukseskan ajang MotoGP di Mandalika.

Baca juga: Gunakan Motor Custom, Jokowi Akan Jajal Sirkuit Mandalika

"Kementerian PUPR memberikan bantuan perumahan yakni sarana hunian pariwisata bagi masyarakat di sekitar Sirkuit Mandalika," ujar Khalawi Abdul Hamid, Kamis (21/10). Dia menjelaskan, adanya pembangunan Sarhunta, membawa dampak positif untuk masyarakat sekitar.

Rumah warga yang diubah menjadi penginapan (Dok. Kementerian PUPR)

Karena rumah milik masyarakat, yang dulunya tidak layak huni saat ini berubah menjadi lebih rapi dan nyaman. "Rumah-rumah yang mendapatkan program sarhunta, bisa digunakan sebagai penginapan atau homestay, untuk wisatwan yang berkunjung menyaksikan balapan MotoGP," terang Khalawi.

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Nusa Tenggara I Ditjen Perumahan Rini Dyah Mawarty menambahkan, rumah-rumah warga yang sebelumnya tidak layak huni di data dan diberikan pendampingan, direhab menjadi lebih layak huni, memiliki fasilitas seperti hotel bintang tiga.

Fasilitas kamar sarhunta (Dok. Kementerian PUPR)

Dari data yang ada di Balai P2P Nusa Tenggara I, pelaksanaan pembangunan Sarhunta di Mandalika sebanyak, 915 unit. Dengan di bagi menjadi dua, yaitu 300 unit di Kabupaten Lombok Tengah untuk mendukung ajang WSBK dan MotoGP, 98 unit lagi di Kabupaten Lombok Utara.

Baca juga: Ini Harga Tiket Nonton Balap WSBK 2021 Di Sirkuit Mandalika

Sebanyak 517 unit dilaksanakan pembangunan peningkatan kualitas rumah tidak layak huni di sepanjang koridor pintu masuk di kawasan Mandalika.

Rini berharap, pembangunan Sarhunta ini, masyarakat bisa menempati rumah layak huni. "Bisa meningkatkan perekonomian dengan membuka homestay bagi para wisatawan yang datang berkunjung," tutupnya.