POPULAR STORIES

Dukung Mudik 2019, Satlantas Polres Tegal Siapkan 4 Pos Pam Dan Pos Yan

Dukung Mudik 2019, Satlantas Polres Tegal Siapkan 4 Pos Pam dan Pos Yan Polda Jateng

KabarOto.com - Bulan Ramadan sudah memasuki pekan ke tiga. Sudah banyak calon pemudik yang menyiapkan berbagai perlengkapan untuk menghadapi mudik yang tinggal menghitung hari. Bahkan, pekan depan sudah memasuki libur Lebaran beberapa pekerja.

Masyarakat di Indonesia akan mulai melakukan perjalan untuk pulang ke kampung halaman atau sekedar berlibur. Sehingga, diperkirakan puncak arus mudik akan berlangsung selama pekan depan. Pada saat itulah diperkirakan lalu lintas akan padat.

Baca Juga: Prediksi Kepadatan Meningkat, Satgas Jasa Marga Siap Beri Pelayanan Selama Mudik

Menghadapi fenomena satu tahun sekali ini, Pemerintah dan lapisan pejabat negara lainnya memberikan serta menyiapkan berbagai fasilitas untuk pemudik agar dapat pulang dengan nyaman. Belakangan yang santer terdengar adalah Tol Trans Jawa dan beberapa tol fungsional yang dapat digunakan selama arus mudik juga arus balik.

Walaupun Tol Trans Jawa sudah membentang dari ujung ke ujung, hal ini tidak membuat jalan biasa akan ditinggalkan begitu saja oleh pemudik. Kali ini hadir dari Satuan Lalu lintas Polres Tegal Kota melakukan sejumlah kesiapan, menghadapi arus mudik hari raya Idul Fitri 1440 H mendatang.

Untuk memberikan kenyamanan pemudik, Polres Tegal juga memberikan fasilitas. Salah satunya dengan menyiapkan Pos Pengamanan (pospam) dan Pos Pelayanan (posyan). Seperti penjelasan ungkap Kasatlantas Polres Tegal Kota, AKP Ben Aras, "Kami akan semaksimal mungkin dan memastikan agar pengamanan saat arus mudik diwilayah Kota Tegal berjalan aman dan lancar."

Baca Juga: Selain Isi Bahan Bakar, Pertamina Sediakan Tempat Istirahat Untuk Pemudik

Kasatlantas Polres Tegal juga memberikan keterangan bahwa ada beberapa pos yang akan disiapkan. Untuk menghadapi arus mudik Lebaran kali ini diperkirakan sebanyak empat posyan akan dioperasikan. Diantaranya akan berdiri di Pos Terminal, Pos Simpang Empat Maya atau depan Pasific Mall, serta simpang tiga Coyo di stasiun Tegal.

Satlantas juga sudah menyiapkan sejumlah personel yang nantinya akan ditugaskan untuk mengawal pemudik. Personel ini akan ditempatkan di berbagai pos yang sudah disiapkan. Seperti pos pam di sepanjang jalur 12 km wilayah pantura kota Tegal.

Semakin mematangkan konsep untuk keamanan dan kenyamanan pemudik, AKP Ben Aras dan tim juga menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas. Namun, terkait rencana maupun proyeksi pengaturan dan rekayasa lalu lintas akan terus dimatangkan bersama dinas terkait.