Prediksi Kepadatan Meningkat, Satgas Jasa Marga Siap Beri Pelayanan Selama Mudik

Prediksi Kepadatan Meningkat, Satgas Jasa Marga Siap Beri Pelayanan Selama Mudik

KabarOto.com - Puluhan petugas yang tergabung dalam Tim Satuan Tugas (Satgas) PT Jasa Marga, dikukuhkan dalam sebuah upacara peresmian (kick off) yang digelar di Kantor Pusat, Jakarta, pada Jumat (17/5) kemarin.

Tim ini mengemban tugas untuk memberikan berbagai layanan optimal, khususnya kepada pengguna jalan tol. Tidak hanya itu, tugas dan tanggung jawab lainnya adalah memastikan kesiapan operasional di masing ruas-ruas tol yang mencakup bidang pelayanan transaksi, lalu lintas, konstruksi, rest area, human capital, pengelolaan risiko, kehumasan, legal, dan umum.

Baca juga: Pertamina MOR III Siap Penuhi Kebutuhan BBM Pemudik Di Beberapa Titik

Masih ada lagi, Satgas juga harus berkoordinasi dan bekerja sama dengan pihak-pihak terkait. Seperti Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, Kementerian Kesehatan, Kementerian Lingkungan Hidup, Polri, Pertamina, dan PLN juga termasuk menjadi tugas dan tanggung jawab Tim JM Siaga Lebaran Tahun 2019.

Dalam kesempatan tersebut, Desi selaku Direktur Utama PT Jasa marga sekaligus pembina dalam upacara peresmian tersebut mengungkapkan, "Sejak beberapa tahun terakhir Tim Satgas Jasa Marga telah berhasil membantu kelancaran lalu lintas, menurunkan angka kecelakaan, dan meningkatkan sinergitas antar sektoral."

Namun, kondisi yang berbeda berpotensi terjadi pada arus mudik dan arus balik tahun ini. Salah satunya adalah survei Balitbang Kementerian Perhubungan yang memprediksi peningkatan penggunaan kendaraan pribadi sebanyak 17% dibandingkan tahun sebelumnya.

Baca Juga: Jelang Arus Mudik, Pertamina Siapkan SPBU , Mobile Dispenser Dan Kios

"Dan hampir 40% memilih menggunakan Tol Trans Jawa sehingga upaya yang sudah kita lakukan saat ini adalah mengantisipasi kepadatan tersebut di gerbang-gerbang tol utama seperti Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama, GT Kalikangkung, GT Banyumanik, dan GT Kejapanan Utama. Kita harus memastikan kapasitas transaksinya mampu melayani arus lalu lintas Lebaran," tambah Desi.

Pentingnya keselamatan juga sangat diperhatikan. Maka dari itu rambu-rambu tambahan juga dipasang, agar menambah kewaspadaan serta keamanan pengguna jalan.

"Bukan rambu-rambu standar, tapi rambu-rambu tambahan (berdasarkan) atas evaluasi selama Tol Trans Jawa beroperasi yang antara lain berupa rubber strip, warning light, dan CCTV," jelasnya.

Baca juga: Jelang Arus Mudik 2019, Tol Trans Sumatera Sepanjang 503 Km Siap Beroperasi

Tim Satgas Jasa Marga akan bertugas selama arus mudik hingga berakhirnya arus balik Lebaran. Jasa Marga membagi Koordinator Operasional berdasarkan 4 wilayah area.

Yaitu Area 1 Ruas Jakarta-Cikampek-Padaleunyi, Area 2 Ruas Jabodetabekjabar, Area 3 Trans Jawa (Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur).

Terakhir Area 4 Nusantara yang mencakup ruas jalan tol Jasa Marga di luar pulau Jawa. seperti Belmera, Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, Bali Mandara, Balikpapan-Samarinda dan Manado-Bitung.