POPULAR STORIES

Sebelum Beli Helm Premium Seken, Ada Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan

Sebelum Beli Helm Premium Seken, Ada Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli Helm Premium Seken, Ada Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan (Kipli)

KabarOto.com - Kini, pengguna helm berjenis premium memang kian menjamur. Selain memang menawarkan model-model yang menarik, unsur safety pun rupanya dipilih oleh para bikers yang peduli akan keselamatan diri mereka.

Helm premium pun memiliki harga yang relatif tinggi, mulai Rp 5 juta hingga ada pula yang punya banderol hingga ratusan juta rupiah. Mereknya pun beragam, sebut saja Arai, Nolan, AGV, Shoei hingga produk-produk yang sedang naik daun seperti HJC, Suomy, LS2, Kabuto dan lainnya.

Kerap kali Sobat juga pasti lebih memilih helm premium seken dengan harga yang lebih bersahabat. Namun, mengingat harganya yang tak bisa dibilang terjangkau jika dibandingkan helm biasa, maka ada baiknya Sobat lebih detail dalam memilih helm premium.

Baca Juga: Arai RX-7V Evo 2022, Tawarkan Sertifikasi Baru

Delta Duct milik Arai RX7 RR5 (Foto: Kipli)

Wahyu Aditya Utama selaku pegiat helm premium mengatakan ada beberapa hal yang harus melewati proses pengecekan, karena menurutnya banyak helm yang sangat menyerupai aslinya beredar di Indonesia.

"Helm tiruan tersebut sering dijual dengan embel-embel sebutan 'clone' atau '1:1', dengan harapan tingkat kemiripannya ada yang mencapai nyaris 100%, namun yang lebih berbahaya lagi kalau sang penjual tidak mencantumkan hal itu," ujarnya.

Pemilik workshop 1DS di bilangan Jakarta Selatan tersebut juga bilang kalau ada beberapa parts yang wajib diteliti dengan detail, agar Sobat mengetahui kualitas dan keaslian helm premium yang akan dibeli.

"Bisa mulai dilihat sekilas dari delta duct, vents, visor, sidepod. Misalnya saja Arai RR5 atau RX7X, biasanya yang bukan bekas repair itu bisa dilihat celah antara sidepod dan visor sangat rapat, beda dengan hasil repair, mau dibikin sempurna seperti apapun pasti ada celah yang bisa terlihat jika dibandingkan helm yang masih standar pabrik," bebernya.

Baca Juga: Arai RX-7V EVO Isle Man Of TT 2022 Limited Edition Meluncur

Untuk ventilasi atas, Wahyu menyebutkan kalau celah antara parts dengan helm juga terlihat tak ada celah atau jeda. "Bahkan double tape yang digunakan oleh Arai pun ada spesifikasi tertentu, tidak hanya asal, mereka punya tiap tipe dan warna untuk seri helmnya," tambahnya.

Nah, menurut Wahyu, yang paling utama melindungi kepala Sobat adalah Expanded polystyrene atau yang sering disingkat menjadi EPS. "Usahakan itu (EPS) orisinal, sebab part itu penting ketika kecelakaan dan menyerap benturan sehingga tak terjadi cedera kepala. Biasanya di Arai orisinal ada keterangan Snell Memorial Foundation, maupun ECE yang merupakan badan untuk menguji kelayakan helm tersebut," tutupnya.

Nah, sekarang Sobat bisa lebih teliti ya sebelum beli helm premium.