POPULAR STORIES

Sebelum Diproduksi, Bus Listrik Kolaborasi MAB Dan UI Lewati Tahap Ini

Sebelum Diproduksi, Bus Listrik Kolaborasi MAB dan UI Lewati Tahap Ini Bus Listrik MAB berbentuk kotak (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Ada yang menarik di Periklindo Electric Vehicle (PEVS) 2022. Sebuah bus listrik berbentuk kotak, warna kuning. Mobil tersebut diberi stiker G20 di sisi kanan, kiri serta belakang. Kendaraan itu memang akan digunakan sebagai moda transportasi di event KTT G20 akhir tahun 2022 mendatang.

Bus listrik bernama MD12E varian UI tersebut buatan Mobil Anak Bangsa (MAB), hasil kerjasama dengan Universitas Indonesia. Riset keduanya disponsori oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Baca juga: MAB Pamerkan Kendaraan Listrik Purwarupa Modern Di PEVS 2022

Bus ini menggunakan platform MAB, beberapa bagian dikerjakan bersama, seperti unit pendingin udara, motor propulsi, dan motor controller. Semuanya dibuat di Indonesia.

Tampilan belakang bus listrik MAB UI (Foto: KabarOto)

"Program ini memang kami lakukan bersama UI, kita melakukan riset. Kita fasilitasi untuk produksinya sekaligus diskusi bersama," jelas Direktur MAB Kelik Irwanto, Jum'at (22/07). Dalam mengembangkannya, mereka mengincar sebanyak-banyaknya komponen lokal.

Agar bus ini layak produksi diajukan ke Departemen Perhubungan, untuk bisa mendapatkan sertifikat uji tipe. Jika lulus, akan mendapat sertifikat uji tipe. Setelah itu kendaraan sudah memenuhi persyaratan dan peraturan juga Undang-Undang, baru nantinya dinyatakan layak jalan.

Bus ini dapat menampung hingga 40 penumpang (Foto: KabarOto)

Baca juga: Intip Keunggulan Bus Listrik MAB Yang Diperkenalkan Moeldoko

Sekedar informasi, MD12E varian UI memiliki panjangnya 11.850 mm, lebar 2.500 mm dan tinggi 3.600 mm. Bus ini dapat menampung sampai 48 penumpang. Baterai menggunakan LiFePo berkapasitas 605.58 V, 519 Ah 315.85 kWh.

Mesinnya Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM) berdaya 130 kW sampai 240 kW (174 dk sampai 321 dk), torsinya mencapai 680 Nm hingga 2500 Nm, didukung transmisi AMT 4 percepatan.