Sebelum Menguning Lakukan Perawatan Untuk Mobil Putih, Ini Pilihannya

Sebelum Menguning Lakukan Perawatan Untuk Mobil Putih, Ini Pilihannya Foto: Wandha/KO

KabarOto.com - Pemilihan warna putih untuk kendaraan bermotor khususnya roda empat memang menjadi pilihan. Selain warna hitam, putih merupakan warna netral yang bisa digunakan untuk semua gender, baik perempuan maupun laki-laki.

Dulu, warna putih paling tidak diminati. Alasannya adalah gampang kusam dan kurang menarik. Namun kini, terjadi pergeseran trend, dan warna putih menjadi favorit di hampir seluruh pabrikan kendaraan. Banyak ragam jenis warna putih, bahkan setiap pabrikan memiliki jenis warna putih yang berbeda.

Sayangnya mobil putih lambat laun warnanya akan berubah. Semakin lama warna sudah tidak akan secemerlang saat baru keluar dari showroom, biasanya akan menguning. Hal ini diakibatkan oleh berbagai faktor seperti polusi bahkan air yang digunakan saat mencuci mobil.

Baca Juga: Hati-Hati Sob, Polusi Dan Air Jadi Penyebab Mobil Putih Cepat Menguning

Perawatan Mobil Puith

Menurut Andri selaku owner PDV Premier Detailing, "Terlalu sering dicuci juga sebenarnya nggak bagus, karena sering kena gesekan. Lama-lama bisa kusam juga (warna mobilnya)."

Agar mobil putih warnanya lebih bertahan lama Andri menyarankan untuk menggunakan wax, karena perawatan ini cukup mudah untuk dilakukan sendiri di rumah.

Wax memiliki bentuk seperti lotion yang biasa digunakan untuk tubuh. Cara kerjanya hampir sama dengan sunblock, kulit tubuh memiliki lapisan sehingga terhindar dari bahaya UVA/UVB.

Baca Juga: Produk Perawatan Dari Wynn's Dan Turtle Wax Juga Ada Di GIIAS 2019 Loh

Perawatan Mobil Putih
Contoh produk wax

"Cara pakainya juga gampang, ya kayak pakai lotion ke badan saja. Nggak perlu takut kenapa-kenapa catnya, soalnya nggak ada efek mengeras atau lainnya. Sama seperti pakai lotion lah, sunblock gitu" tambahnya.

Wax biasanya akan bertahan selama 3 hari saja untuk melindungi cat mobil, sehingga Sobat KabarOto harus melapisi bodi minimal satu minggu sekali agar warna kendaraan awet. Kalau merasa cara ini masih cukup ribet, beberapa salon mobil juga ada yang melayani cuci wax, tapi perlu diperhatikan wax yang digunakan tidak abal-abal.

Baca Juga: Mengenal Pelindung Cat Mobil System X Coating Ceramic

Perawatan Mobil Putih

Kalau Sobat KabarOto ingin merogoh kocek cukup dalam untuk mendapatkan perawatan yang lebih tahan lama, pilihan lainnya yaitu coating ceramic. Sudah banyak bengkel untuk perawatan ini khususnya di Ibu Kota, salah satunya di PDV.

Coating ceramic merupakan perawatan untuk melapisi bodi mobil dengan cairan yang mengeras. Pengerjaannya disarankan tidak dilakukan dirumah atau tidak dengan ahlinya, karena cairan ini mudah mengeras. Bukannya dilapisi membuat mobil jadi enak dipandang, bisa-bisa merusak cat mobil.

Perawatan Mobil Putih

Pilihan lainnya yaitu protection film, untuk perawatan ini mobil akan dilapisi dengan kaca film bening. Sehingga kotoran maupun gesekan yang terjadi pada mobil akan menyentuh lapisan ini, bukan cat mobil. Nah, Sobat KabarOto pilih yang mana nih?

Baca Juga: Seharga 50 Juta, Ini Kelebihan PPF Dari Harganya Yang Fantastis!