Hati-Hati Sob, Polusi Dan Air Jadi Penyebab Mobil Putih Cepat Menguning

Hati-Hati Sob, Polusi dan Air Jadi Penyebab Mobil Putih Cepat Menguning Range Rover (Foto: Wandha/KO)

KabarOto.com - Sobat KabarOto pengguna mobil warna putih pasti merasa bahwa menggunakan mobil warna putih lambat laun warnanya akan berubah. Semakin lama warna sudah tidak akan secemerlang saat baru keluar dari showroom, bahkan bisa menjadi menguning. Perawatan mobil dengan warna ini membutuhkan perawatan ekstra agar tetap dalam kondisi baik.

Sebenarnya hal ini tidak terjadi hanya pada mobil putih saja loh. Semua warna pada kendaraan selain putih juga mengalami hal yang sama. Hanya saja warna putih merupakan warna yang cukup terang, sehingga sedikit noda atau perubahan warna akan lebih terlihat jika dibandingkan warna lain seperti silver, hitam, dan sebagainya.

Baca Juga: Begini Cara Melakukan Perawatan Setelah Coating

Warna pada bodi mobil memiliki beberapa lapisan, sehingga warna mobil jadi menguning ini bukan berarti warna catnya yang berubah.

"Mobil ini kan ada clear coat-nya, jadi kalau di mobil putih yang jadi itu ya clear coat, bukan (cat) mobil itu sendiri," jelas Andri owner PDV Premier Detailing.

Perubahan warna ini disebabkan oleh kontaminasi dengan beberapa faktor seperti oksidasi, cuaca, polusi, bahkan air. Jika mobil sering terkena debu, polusi, dan panas dipastikan warnanya akan lebih cepat berubah, karena mobil jadi lebih sering terkena semburan karbon monoksida (CO) yang dihasilkan asap knalpot dan lain-lain.

Wah, Sobat KabarOto pemilik mobil putih harus waspada nih mengingat tingkat polusi di Ibu Kota sedang memburuk. Selain mempengaruhi kesehatan, warna mobil juga akan cepat berubah loh.

Baca Juga: Ini Cara Cuci Mobil Biar Lebih Kilap

Jika mobil dalam keadaan kotor pasti pemilik kendaraan akan segera mencucinya. Jangan salah Sob, ternyata air juga bisa membuat mobil putih jadi lebih cepat menguning loh. Ini disebabkan oleh air yang digunakan untuk mencuci mobil tidak bersih.

"Kan banyak air (dirumah) yang belum ada PAM terus mengandung zat besi tinggi, nah itu pasti lama-lama kuning," tambahnya.

Baca Juga: Kenali Jenis Gangguan Penyakit Kaca Pada Mobil

Bagian pada bodi yang cepat mengalami perubahan warna akibat air yaitu pada sela-sela mobil. Bagian yang cukup sulit dijangkau untuk dikeringkan menggunakan lap, seperti sela tailgate, emblem mobil, dan lainnya akan mempertahankan air lebih lama hingga akhirnya kering dengan sendirinya.

Sama seperti bagian lain seperti kaca, air yang masih menempel di sela-sela mobil dan mengering sendiri, lama-lama akan menimbulkan bekas. Jika di kaca akan menimbulkan jamur, pada bagian sela-sela mobil akan berubah menjadi kerak yang sulit dihilangkan bahkan bisa merusak cat mobil.