Ini Cara Cuci Mobil Biar Lebih Kilap

Ini Cara Cuci Mobil Biar Lebih Kilap

KabarOto.com – Melakukan perawatan mobil kesayangan demi terlihat bersih memang sudah menjadi gaya hidup, ada perasaan senang tersendiri ketika melihat kendaraan bersih mengkilap luar maupun dalam.

Namun padatnya aktivitas mungkin membatasi dalam merawat kendaraan, banyak bagian terlewat atau luput dari pembersihan. Biasanya, membersihkan mobil di tempat pencucian instan, yang rentang harganya berkisar Rp 20 ribu sampai Rp 40 ribu. Umumnya ini hanya mencuci bodi, termasuk interior, namun tidak terlalu detail.

Memang, kini sudah banyak tempat pencucian mobil yang menambahkan proses ekstra, misal sampai menambahkan wax agar bodi lebih bersinar, hingga menghilangkan jamur kaca. Biasanya, biaya untuk mencuci di tahapan ini berkisar Rp 75 ribu sampai Rp 100 ribu.

Baca juga: Kendaraan Anda Menyumbang Polusi Atau Tidak? Ini Cara Mengetahuinya

Proses menghilangkan noda aspal bodi sebelum mobil dicuci sampo khusus

Salah satu lokasi yang punya kelebihan mencuci hampir seluruh bagian mobil, yakni PPS Autoshine, di bilangan Jakarta Barat.

Baca Juga : Mau Upgrade Sistem Audio Mobil? Intip Nih Subwoofer Terbaru Dari Ground Zero

Premium car wash di PPS Autoshine sendiri mencakup hampir seluruh bagian mobil, dari eksterior, interior, bahkan ruang mesin ikut dibersihkan. Tidak seperti tempat cuci pada umumnya yang hanya membersihkan bodi dan vakum saja, tanpa pembersihan jamur.

Sebab, mencuci mobil di PPS butuh beberapa tahapan. Pertama noda aspal pada bodi mesti dibersihkan dahulu. Lalu pencucian dengan sampo ph balanced, termasuk jamur pada bodi ikut dibersihkan.

"Lalu bagian kaca juga kita hilangkan jamurnya dengan cairan khusus, cairan ini dijamin aman untuk kaca. Karena kalau kita salah dalam penggunaan obat jamur kaca, maka kaca tersebut akan timbul keriput disebabkan obatnya terlalu keras,” ujar Nugroho selaku Supervisor PPS Autoshine.

Sampo yang digunakan sudah Ph balanced, supaya tidak meninggalkan bercak air

Setelah semua bagian bersih dan bebas jamur, mobil akan masuk ke proses pengeringan. Di sini juga ada proses pembersihan jamur yang biasanya terselip di antara kaca dan frame pintu. Lalu setelah mobil kering sempurna, proses lanjut ke bagian interior dan juga ruang mesin.

Baca Juga : Masih Jadi Pilihan Masyarakat, Ban Vulkanisir Akan Diwajibkan Memiliki SNI

“Untuk pembersihan ruang mesin juga kita melakukannya dengan hati-hati dan waterless tentunya, karena mobil sekarang hampir semua elektrikal, jadi kita pastikan proses pengerjaan aman," sambung Nugroho lagi.

Baru setelah itu lanjut ke pembersihan intetior. Proses ini akan melakukan vakum serta mengelap seluruh sisi kabin sehingga bagian jok dan juga panel-panel lebih bersih.

Proses vakum interior dan pengelapan, hingga ke balik karpet

Sebagai finishingnya, mobil akan dilapisi cairan wax sehingga bodi terlihat lebih mengkilap seperti baru di-coating. Wax ini bisa bertahan dalam jangka waktu sekitar 2-3 hari kilapnya, dan dapat menimbulkan efek daun talas selama beberapa hari. Sehingga setelah mencuci seandainya hujan, bisa membersihkan tetesan air dengan mudah.

Sesuai tahapan yang dikerjakan, otomatis sebanding harga yang ditawarkan. Ragam treatment-nya membuat harga untuk mencuci di PPS sebesar Rp 149.999.

Pengaplikasian wax sebagai finishing, biar bodi lebih kilap

Waktu pengerjaan juga sedikit lebih lama nih ketimbang cuci mobil pada umumnya. Yakni 1 mobilnya memerlukan sekitar 1-1,5 jam tergantung kondisi kendaraan, misalnya ada noda membandel serta sangat kotor, bisa lebih lama. Hal ini wajar, mengingat proses pembersihan yang cukup detail pada seluruh bagian mobil.

Baca juga: Mengenal Bermacam Jenis Sekring Dan Fungsinya