Kendaraan Anda Menyumbang Polusi Atau Tidak? Ini Cara Mengetahuinya

Kendaraan Anda Menyumbang Polusi atau Tidak? Ini Cara Mengetahuinya Jakarta menjadi kota ketiga polusi tertinggi.

KabarOto.com - Jakarta merupakan salah satu kota besar di dunia yang kualitas polusinya tertinggi ketiga. Sebenarnya apa yang menyebabkan hal itu terjadi? salah satunya adalah emisi gas buang kendaraan yang parah di Ibukota.

Lalu bagaimana cara mengetahui kendaraan milik kita memiliki emisi yang buruk dan membuat polusi di Jakarta? Cara yang paling mudah adalah dengan mengecek motor dan mobil ke bengkel profesional yang memiliki alat uji emisi.

Baca Juga: Kurangi Polusi, Auto2000 Bersama Pertamina Adakan Program Uji Emisi Gratis Di Pulau Dewata

"Kalau belum ada waktu ke bengkel, kita sendiri bisa mengira-ngira dengan cara sederhana, apakah kendaraan menghasilkan gas karbon dioksida (CO2), karbon monoksida (CO) atau hidro karbon (HC). Cek pengapian dan bunyi suara kendaraan," terang Kepala Bengkel CARfix Karawaci, Mardian Alfan menjelaskan.

Caption

Jika ada sesuatu yang ganjil bisa jadi menyebabkan kinerja mesin dan pembakaran tidak sempurna berarti itu menyumbang polusi.

Selain itu, pemilik kendaraan juga bisa merasakan tenaga dari mobil atau motor. "Biasanya, yang punya gas buang buruk tenaganya lebih rendah dari kendaraan mesin yang sehat terawat. Knalpotnya akan keluar asap dengan warna keruh atau kalaupun tidak mengeluarkan asap, mengeluarkan bau," tambahnya.

Selain itu menurutnya kendaraan yang tidak sehat bisa terlihat dari konsumsi bahan bakar lebih boros. Mobil atau motor dengan gas buang berbahaya memiliki temperatur mesin lebih cepat panas saat dikendarai.

Baca Juga: Madrid Tekan Polusi, Nissan Bawa 363 Unit Mobil Listrik Di Final Liga Champions

"Kalau dirasa konsumsi bahan bakar lebih boros dan temperatur mesin cepat panas, sebaiknya segera diservis. Usahakan servis rutin agar kita tidak merogok kocek besar untuk perbaikan berat," ujarnya.