Sebelum Mudik, Cek Alternator Kendaraan Agar Aman Saat Di Jalan

 Sebelum Mudik, Cek Alternator Kendaraan Agar Aman Saat di Jalan Ilustrasi alternator mobil (ist)

KabarOto.com - Musim mudik 2019 sudah semakin dekat, bagi yang berniat untuk melakukan perjalan ke kampung halaman dengan menggunakan mobil kesayangan, saatnya melakukan pemeriksaan menyeluruh kondisi mobil agar prima ketika digunakan.

Pemeriksaan yang dilakukan bisa dimulai dari kaki-kaki, mesin, cairan-cairan semisal minyak rem dan air radiator, hingga yang tak kalah penting adalah kelistrikan. Salah satu komponen utama kelistrikan di mobil adalah alternator.

perawatan dinamo mobil
Menyediakan jasa perawatan dan perbaikan dinamo mobil

Bila komponen yang menghasilkan listrik untuk disimpan di aki ini bermasalah, dapat dipastikan mobil Anda menjadi mogok. Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya melakukan pengecekan terhadap alternator, dan bagian lain yang menggunakan dinamo, semisal dinamo stater maupun ekstra fan.

Baca Juga: Penasaran? Roof Tent Bisa Dipesan Di Bandung Dan Yogyakarta Loh

Salah satu bengkel spesialis yang menyediakan layanan perawatan dan perbaikan alternator dan dinamo adalah Guntur Dinamo. "Di sini kami menyediakan jasa perbaikan dan perawatan yang berhubungan dengan komponen kelistrikan. Mulai dari dinamo motor, dinamo stater, motor alternator hingga motor kipas," ujar Guntur sang pemilik bengkel.

Menariknya, ongkos jasa yang dipatok oleh Guntur Dinamo termasuk bersahabat. "Untuk jasanya semua Rp 50 ribu. Namun itu belum termasuk spare part," jelas Guntur yang bermarkas di bilangan Jatinegara, Jakarta Timur.

Perbaikan ekstra fan
Perbaikan ekstra fan

Urusan spare part, Guntur juga menjamin bahwa di bengkelnya tersedia spare part yang cukup komplit dan ready stock.

lebih lanjut pria ramah itu mengatakan bahwa di bengkelnya sanggup memperbaiki segala dinamo dari mobil Jepang hingga Eropa, serta mobil tua maupun buatan anyar. "Semua bisa diperbaiki, mulai dari motor power window, alternator, pokoknya yang berhubungan dengan dinamo," yakinnya.

Ia juga memberi tips mengenai perawatan dinamo. "Sebenarnya ga ada perawatan khusus, namun untuk usianya maksimal dari mobil baru sampai awal kerusakan terjadi di tahun ke 5. Pasti ada kendala entah di motor extra fan, alternator, atau motor stater. Perawatannya diperiksa aja paling di bersih-bersih aja. Yang bikin biaya besar itu keliatan baik-baik aja, tapi pas tiba-tiba2 rusak dan indikator check engine menyala,".

Penggantian "arang" dinamo
Penggantian "arang" dinamo

Untuk menghindari hal tersebut, pria yang sudah membuka jasa sejak tahun 1997 itu menyarakan kepada pemilik mobil untuk rutin memeriksa kondisi alternator, maupun komponen kelistrikan lain yang berhubungan dengan dinamo.

Baca Juga: Nih, Cara Berkendara Fokus Dan Aman Di Bulan Ramadhan

"Lumayan untuk memperpanjang umur, biasanya kita servis. Pointnya mengganti bearing, dan arangnya," jelas Guntur. Lebih lanjut pria ramah itu mengatakan, bahwa meski bisa melakukan layanan gulung ulang kawat dinamo, namun ia tidak menyarankan.

Gulungan kawat dinamo
Gulungan kawat yang telah gosong

"Gulung tetap ga rekomen, kalau buatan pabrik lebih presisi. Kalau kita kerjakan sendiri pasti ada potensi beda tiap gulungannya," ungkap guntur. Untuk yang mau tanya-tanya bisa langsung hubungi Guntur di 0812-9855-5363.