POPULAR STORIES

Sebentar Lagi Pengguna Mobil Mewah Tidak Bisa Beli Pertalite

Sebentar Lagi Pengguna Mobil Mewah Tidak Bisa Beli Pertalite Bahan bakar yang dijual di SPBU Pertamina (Foto: KO)

KabarOto.com - Saat ini, di Indonesia tersedia bahan bakar minyak seperti Pertalite, Pertamax, pertamax Turbo, Pertamina Dek dan Bio Solar. bahan bakar tersebut, dijual oleh PT Pertamina Persero.

Pertalite paling diminati oleh pemilik mobil dan motor, karena harganya lebih terjangkau, Rp 7.650. Sementara Pertamax Rp 12.500. Tak hanya kendaraan menengah ke bawah saja, seperti LCGC dan juga SUV medium, MPV dan sedan mewah juga menggunakan Pertalite.

Baca juga: Pertalite BBM Yang Paling Banyak Digunakan Saat Arus Mudik

Namun, saat ini Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), sedang persiapkan aturan baru tentang ketentuan penggunaan Pertalite. Kebijakan baru yang sedang disusun, mengatur untuk kendaraan kategori mewah dilarang mengisi Pertalite, beroktan Research Octane Number (RON) 90.

Pertalite digunakan oleh angkutan umum (Foto: KO)

Saat ini, pemerintah tengah melakukan revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014, tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak. Selain itu, pemerintah dan Pertamina tengah menyusun petunjuk teknis, untuk pembelian Pertalite. Saat ini, Pertalite menjadi BBM Khusus Penugasan menggantikan Premium.

Anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Saleh Abdurrahman, mengatakan, kajian sedang sedang finalisasi. “Kami dibantu oleh tim dari perguruan tinggi," ujarnya, belum lama ini.

Baca juga: Pertalite Menjadi BBM Khusus Pengganti Premium

Pertalite merupakan BBM bersubsidi, diawasi oleh pemerintah, baik dari segi produksi dan penyaluran. harga jualnya juga diatur oleh pemerintah. Hingga saat ini, keberadaannya masih dipertahankan, meski harga minyak mentah dunia naik.

Menurut Saleh, kondisi tersebut memiliki celah yang besar, harganya yang ekonomis menjadi diminati pengendara mobil dan motor di Indonesia. "Logis memang kalau mobil-mobil mewah menggunakan BBM non-subsidi. karena lebih bersih dan ramah lingkungan," tutupnya.