POPULAR STORIES

Seberapa Hebat New Mitsubishi Xpander, Ini Hasil Tes Lengkapnya!

Seberapa Hebat New Mitsubishi Xpander, Ini Hasil Tes Lengkapnya! New Mitsubishi Xpander 2022 (Foto: Mitsubishi)

KabarOto.com - New Mitsubishi Xpander sebagai kendaraan keluarga memang cukup menjadi perhatian para penggemar Multi Purpose Vehicle (MPV) di Indonesia. Apalagi konsumen yang mencari kenyamanan tapi tetap praktis dan efisien dalam penggunaan bahan bakar.

Penyegaran New Xpander di tengah pandemi yang masih menjadi ancaman ternyata tidak menyurutkan konsumen meminang mobil buatan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) yang diproduksi di Kawasan Greenland International Industrial Center(GIIC).

Baca juga: First Impression New Mitsubishi Xpander

Facelift di New Mitsubishi Xpander membuatnya kian diincar konsumen

Bahkan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dalam hitungan bulan - diluncurkan 10 Oktober - yakni pada Desember 2021 New Xpander langsung mencatatkan sebagai mobil paling laris. Xpander bukukan angka 9.318 unit berdasarkan data yang dilansir resmi oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

New Xpander memang cukup banyak membawa ubahan selain dari penampilan, seperti penggunaan penerus daya dari mesin Continous Variable Transmission atau disingkat CVT. Serta kaki-kaki sudah mengaplikasi ukuran 17 inci dengan profil ban 205/55 R17 dan penyempurnaan struktur suspensi belakang dari Mitsubishi Pajero Sport.

Banyak yang penasaran akan kemampuan New Xpander dan hal ini membuat kami mempersiapkan pengujian untuk mendapat data. Beruntung MMKSI mengajak KabarOto mencoba New Xpander di Proving Ground Bridgestone.

New Mitsubishi Xpander memberikan kenyamanan maksimal di kabin



Kami mulai dari kesenyapan kabin yang bisa dibilang sangat baik. Padahal ground clearance Xpander kini mencapai 220 mm. Ketika dilajukan di kecepatan 60 km, suara yang kami dapat di pengukur desibel didapati 60-63 desibel.

Nilai tersebut masih terbilang nyaman untuk kendaraan di kelas Low Multi Purpose Vehicle (Low MPV). Tidak ada suara yang mengganggu dari bagian kaca depan atau spion, begitu juga suara-suara aneh di kolong mobil. Tentunya New Xpander ini mampu memberikan kenyamanan selama perjalanan jauh.

Berkat konstruksi suspensi dari Pajero Sport, New Xpander mampu melaju nyaman meski di jalan tak rata



Di beberapa bagian sirkuit juga terdapat tempat pengujian kemampuan redaman suspensi. Simulasinya seperti jalan di komplek, dengan aspal kasar dan juga jalanan bergelombang. Kami tak menemukan gejala mengemudi seperti terbanting-banting di kokpit meski melaju di kecepatan 40 kpj.

Nah, dilanjutkan dengan akselerasi Xpander. Melalui aplikasi pengujian, kick down pedal gas dari kecepatan 0-100 kpj di dapati catatan waktunya 15,92 detik. Mesin 1.500 cc berteknologi Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control (MIVEC), terbilang kian responsif. Tenaga mesin sebelumnya hanya 103 dk, kini mencapai 105 dk pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi maksimal 141 Nm pada 4.000 rpm.

Menguji akselerasi 0-100 kpj di Proving Ground Bridgestone



Pengujian secara langsung konsumsi bahan bakarnya di kesempatan berbeda, New Xpander di jalur bebas hambatan bisa mencatatkan konsumsi bahan bakar terbaik melalui MID yakni 18,7 kpl. Sementara untuk bergerak lincah di kepadatan perkotaan, Xpander masih menampakan angka 10,9 kpl.

Oh iya, tinggi ground clearance yang mencapai 220 mm membuat kami semakin penasaran. Sebaik apa Xpander ketika diajak menikung cepat dan adakah menjumpai gejala limbung di salah satu lingkaran besar Proving Ground.

Baca juga: Test Drive New Mitsubishi Xpander Ultimate CVT, Lebih Irit Dan Bertenaga

Diajak menikung cepat, postur New Xpander tetap mantap

Dari data yang kami peroleh angka gravitasinya mencapai 1,1, ban mobil Xpander sudah mulai berbunyi akibat menahan gaya menikung. Postur New Xpander yang kian tinggi tak membuat kerepotan mengendalikan.

Nyatanya para ahli di Mitsubishi telah menyempurnakan kemampuan respon lingkar kemudi Xpander. Putaran kemudi dibuat ringan sehingga memudahkan ketika diajak bermanuver.

Para ahli Mitsubishi terbilang sukses sempurnakan New Xpander

Secara keseluruhan, New Xpander ini berhasil memberikan banyak impresi kepada kami, selain dari tampilan wajah yang kian segar. Performa mesin ada penyempurnaan dan CVT tak menjadi kendala ketika diajak akselerasi dan manuver. Begitu juga dengan tinggi ground clearance, masih membuat Xpander ini tetap menyenangkan dikendarai.

New Xpander yang kami uji ini harganya Rp 299.770.000 (on the road Jabodetabek). Oh iya, untuk melihat review video New Xpander bisa klik di sini.