POPULAR STORIES

Sejarah Fitur Airbag Dan Pabrikan Pertama Penggunanya

Sejarah Fitur Airbag  dan Pabrikan Pertama Penggunanya

KabarOto.com – Airbag merupakan fitur keselamatan yang diwajibkan untuk kendaraan roda empat. Tapi, apakah Sobat KabarOto tahu pabrikan mana yang pertama kali memperkenalkan fitur ini?

Sedikit penjelasan tentang fitur ini, sistem airbag bekerja saat terjadi tabrakan keras terdeteksi. Sensor mobil langsung mengirimkan sinyal agar airbag mengembang. Fitur keselamatan ini berfungsi melindungi daerah vital seperti kepala, leher dan dada.

Baca Juga : Begini Tampilan Rompi Airbag Yang Dipakai Untuk Ajang Reli Dakar 2021

Mercedes-Benz S-Class W126

Mercedes-Benz tercatat menjadi salah satu pelopor penggunaan fitur keselamatan ini. Di mana, pabrikan asal Jerman menggunakan fitur airbag pada S-Class W126. Pada tahun 1981, Mercedes-Benz S-Class menjadi mobil pertama yang dibekali airbag.

Pada awal kemunculannya, Mercedes-Benz menggabungkan airbag dengan kinerja sabuk pengaman pretensioner dan menjadikannya sebagai salah satu fitur keselamatan yang memberikan perlindungan maksimal.

Meskipun masih berupa perangkat opsional pada awal kemunculannya. Namun, pada tahun 1987 fitur airbag menjadi perangkat standar keselamatan. Hal tersebut merupakan dorongan dari perundangan Federal Amerika Serikat.

Baca Juga : CX Air Dynamics Rilis Celana Airbag Khusus Bikers

Tidak berhenti di situ, Mercedes-Benz mengembangkan fitur ini dengan menawarkan airbag pada kursi penumpang sebagai opsional.

Sebenarnya, Mercedes-Benz bukan pabrikan pertama yang memperkenalkan fitur airbag. Sebelumnya, ada General Motors yang menggunakannya pada Chevrolet Oldmobile dan Cadillac pada tahun 70an.

Tapi, fitur airbag dari General Motors mengusung konsep yang berbeda. Di mana, airbag digunakan sebagai pengganti sabuk pengaman. Di mana, pada saat itu penggunaan sabuk pengaman di Amerika Serikat sangat rendah.