Selamat Tinggal MotoGP Mandalika 2022, Sampai Jumpa Tahun Depan!

Selamat Tinggal MotoGP Mandalika 2022, Sampai Jumpa Tahun Depan! Foto: MotoGP

KabarOto.com - Sejarah akhirnya mencatat Indonesia sukses menjadi tuan rumah gelaran MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika. Selama Jumat (18/3) hingga Minggu (20/03) Sirkuit di Lombok Tengah, NTB itu merekam banyak kejadian dan drama yang menarik.

Mulai dari juara dunia enam kali MotoGP Marc Marquez yang jatuh empat kali hingga akhirnya mengalami gegar otak dan tak bisa mengikuti race.

Diduga penyebabnya karena ban yang dibawa pihak Michelin ke Mandalika. Produsen ban multinasional yang berkantor pusat di Clermont-Ferrand, Auvergne-Rhône-Alpes, Prancis, itu membawa ban yang kali terakhir digunakan pada MotoGP Buriram Thailand 2018.

Baca juga: Hasil MotoGP Indonesia 2022 : Miguel Oliveira Raih Kemenangan

Menjadi sejarah bagi Indonesia menggelar balapan motor berskala dunia

Ban ini disiapkan untuk mengatasi panasnya cuaca dan lintasan Sirkuit Mandalika yang tak jauh beda dari Buriram. Sayangnya ban lawas itu malah membuat tim Repsol Honda pusing. Dua pembalapnya mendapat hasil jeblok saat latihan bebas (free practice) dan kualifikasi. Puncaknya Marquez tak bisa mengikuti lomba.

Drama lainnya adalah soal cuaca. Di mana sejak free practice 2, kualifikasi hingga warm-up (pemanasan) cuaca di sirkuit cukup menyengat. Tapi beberapa saat sebelum balapan dimulai, Sirkut Mandalika diselimuti mendung gelap dan tak lama kemudian hujan lebat. Race pun ditunda sekitar 1 jam.

Kemunculan pawang hujan, Mbak Rara di pinggir lintasan juga menjadi drama yang menarik. Dia tiba-tiba keluar di depan paddock tim-tim MotoGP. Beraksi dengan gerak-gerik bak dukun sakti sambil sambil merapal mantera. Mimik mukahya begitu serius di bawah guyuran hujan.

Baca juga: Michelin Bawa Ban Lawas Di MotoGP Indonesia 2022, Ini Alasannya

Awan tebal dan akhirnya hujan lebat membuat balapan MotoGP ditunda 1 jam

Penonton bersorak seolah mendapat hiburan dari aksi Mbak Rara. Para pembalap tersenyum keheranan melihat kelakuan Mbak Rara. Sampai-sampai twitter resmi MotoGP menjulukinya: The Master.

Tak berselang lama hujan reda. Balapan dimulai pukul 16.00 Wita. Race yang direncanakan 27 lap diputuskan berlangsung 20 lap. Semuanya lancar.

Hasilnya pembalap Red Bull KTM Factory Racing Miguel Oliveira keluar menjadi juara. Catatan waktunya: 33 menit 27,223 detik.

Baca juga: Di Tengah Hujan Lebat Jokowi Tiba Di Sirkuit Mandalika, Disambut CEO Dorna

Jawara MotoGP Indonesia, Johann Zarco (Pramac Ducati), Miguel Oliveira (Red Bull KTM Facrory Racing), Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha)

Posisi kedua direbut Fabio Quartararo pembalap Monster Energy Yamaha dan jagoan tim Pramac Ducati Johann Zarco menmpati posisi tiga.

Presiden Joko Widodo yang datang sesaat sebelum race dimulai, menjadi satu-satunya orang yang menyerahkan piala kepada para pemenang MotoGP Mandalika.

Secara keseluruhan MotoGP Mandalika 2022 berjalan lancar dengan berbagai macam dramanya. Semoga ke depan penyelenggaraan event balap internasional di sirkuit kebanggaan masyarakat Indonesia ini bisa lebih baik lagi.

Selamat Tinggal MotoGP 2022, sampai jumpa di 2023! (Kuh)