Sempat Tak Dilirik, Vespa P150S Klasik Kini Harganya Setara Mobil, Kok Bisa?

Sempat Tak Dilirik, Vespa P150S Klasik Kini Harganya Setara Mobil, Kok Bisa? Foto: dokumentasi Ridwan Hartadi/ @vespakiwari

KabarOto.com - Kendaraan klasik memang punya hati di pecintanya, salah satunya skuter asal Italia yakni Vespa. Indonesia punya predikat sebagai negara pengguna Vespa terbanyak, bahkan dibandingkan negara asalnya sendiri beberapa tahun silam hingga hari ini.

Tak heran, banyak dijumpai Vespa yang dipakai untuk aktivitas sehari-hari hingga sekadar hobi, salah satunya Vespa P150S Strada milik Ridwan Hartadi yang sempat viral karena ia berniat untuk menjual Vespa lansiran 1987 itu di harga Rp 150 juta, sama seperti nama Vespanya.

Foto: dokumentasi Ridwan Hartadi/ @vespakiwari

Ketika diwawancarai KabarOto (12/7), Ridwan pun mengaku bahwa motor ini benar-benar mint condition alias kondisinya memang terlihat seperti baru keluar dari pabrik, hanya pernah digunakan sejauh 47 km saja seperti tertera di odometer.

Foto: dokumentasi Ridwan Hartadi/ @vespakiwari

"Ini awalnya si tangan pertama beli di diler Vespa Kedungdoro untuk orang tuanya yang suka Vespa, hanya sempat dipakai sejauh 47 km sebelum akhirnya beliau wafat dan memang tidak di publikasikan karena tidak berminat dijual," ujar Pria yang tinggal di Kota Kembang tersebut.

Foto: dokumentasi Ridwan Hartadi/ @vespakiwari

Vespa ini Ridwan temukan dari rekan kerjanya sendiri, "Ia niat jual Vespa tapi tidak pernah iklan, saya penasaran karena banderolnya Rp 60 juta untuk PS Series, setelah main kerumahnya baru saya paham bahwa motor ini bawaan pabrik, bahkan belum pernah diisi bensin dan bukan hasil restorasi," ujarnya.

Baca Juga: Dibubarkan Pihak Keamanan, Panitia Indonesian Scooter Festival 2020 Minta Maaf

Foto: dokumentasi Ridwan Hartadi/ @vespakiwari

Ia mengaku, untuk memiliki Vespa P150S Strada itu memang tak mudah dengan harga yang disebutkan, "Terus terang nominal itu besar buat saya, tapi keinginan buat memilikinya begitu besar sampai terkesan dipaksakan mencari dana," curhatnya pada KabarOto.

Foto: dokumentasi Ridwan Hartadi/ @vespakiwari

Asal muasal Vespa ini pun jadi salah satu poin penting alasannya meminang skuter lawas tersebut, "Motivasinya karena itu unit asli dari Kedungdoro Bandung yang sampai saat ini masih ada, tapi sekadar penjualan spareparts dan bengkel. Kedungdoro pun sudah tidak asing lagi di kalangan pecinta vespa di bandung, jadi ada nilai sejarahnya juga," ujar pemilik akun media sosial Instagram @Vespakiwari itu.

Foto: dokumentasi Ridwan Hartadi/ @vespakiwari

Ia pun punya alasan lain mengapa unit Strada berwarna Exclusive Blue itu dibanderol Rp 150 juta, "Saya sengaja pasang harga segitu agar enggak banyak pindah tangan, seperti pedagang atau makelar, lazimnya yang mau rogoh kantong untuk harga segitu biasanya kolektor," imbuh pemilik Vespa Darling itu.

Foto: dokumentasi Ridwan Hartadi/ @vespakiwari

Ridwan mengaku bahwa sejak ia mengumumkan bahwa P150S tersebut dijual, banyak sekali orang yang menghubunginya. "Tawaran tertinggi ada di Rp 130 juta hingga sekarang, sisanya menawar Rp 80 sampai Rp 100 juta," tutupnya.

Berita Terkait

Berita Terkait