POPULAR STORIES

Ini Loh Mitsubishi Xpander AP4 Concept Di Telkomsel IIMS 2019

Ini Loh Mitsubishi Xpander AP4 Concept di Telkomsel IIMS 2019 Xpander AP4 Concept di Telkomsel IIMS 2019

KabarOto.com - Ketika pembukaan Telkomsel International Motor Show pada Kamis (25/04) lalu, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) tidak hanya mengenalkan Xpander Limited loh. Ada dua unit Xpander yang dipamerkan namun punya desain berbeda.

Nah, pada kesempatan ini juga MMKSI menampilkan unit display spesial hasil modifikasi, yang dilakukan oleh tim motorsport product ambassador Mitsubishi Motors Indonesia, terhadap Xpander dengan nama Xpander AP4 Concept.

Rencananya Xpander akan dicanangkan mengikuti event motorsport bertajuk AP4 yang mengusung konsep mobil balap, dengan menggunakan basis kendaraan harian. Nah, Xpander AP4 Concept ini telah menjadi konsep kendaraan reli AP4 dengan basis Mitsubishi Xpander dan didukung penuh oleh MMKSI.

Baca juga: Mitsubishi Hadirkan Xpander Limited Edition Di Telkomsel IIMS 2019

"Xpander AP4 Concept merupakan langkah untuk membuktikan bahwa Xpander memiliki nilai yang lebih dari sekadar mobil MPV. Modifikasi ini diharapkan jadi pemacu kalangan hobi motorsport dan modifikasi untuk melakukan personalisasi terhadap mobil Xpander. Hal itu dapat dilakukan karena Xpander merupakan kendaraan yang dikembangkan dengan keunggulan desain atraktif, fitur fungsional, ruang kabin yang lapang dan nyaman serta keamanan berkendara," jelas Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI.

Unit Xpander AP4 ini mendapatkan modifikasi yang tidak terlalu banyak. Perubahannya dengan kamuflase decal dan aksesori sporty. Nah, untuk perwujudan sebenarnya dari Xpander AP4 Concept ini akan diperkenalkan pada ajang GIIAS 2019 yang direncanakan digelar pada Juli mendatang.

Paling kentara, selayaknya mobil reli, terdapat overfender di semua sepatbor. Ini dikarenakan pelek sudah pakai model reli dengan kelir putih, dengan ban pacul yang jamak ditemui di kendaraan reli. Aplikasi pelek dengan roda ini, tentu butuh ruang sepatbor lebih lega, agar dinding ban tidak keluar dari ruang sepatbor.

Nah, Sobat KabarOto sudah tahu belum kalau awalnya AP4 diciptakan untuk menjadi alternatif karena mobil reli berjenis R5, yang merupakan spesifikasi World Rally Championship (WRC) terlampau mahal. Jadi bisa dikatakan AP4 berfokus pada pengurangan biaya produksi menjadi lebih ekonomis, bila dibandingkan mobil reli berspesifikasi tinggi.

Baca juga: X-MOC Unjuk Gigi 6 Xpander Modifikasinya, Bisa Jadi Inspirasi, Lho !

"Dengan menggunakan konsep AP4 para pelaku industri reli dapat menekan biaya produksi berkali lipat lebih murah karena basis yang digunakan adalah mobil harian yang saat ini beredar di pasaran," ungkap Rifat Sungkar.

Beberapa faktor yang membuat AP4 memiliki harga yang lebih terjangkau, karena menggunakan mesin, girbok, serta suspensi yang sama untuk seluruh bodi mobil. Artinya, bodi mobil konsep ini akan membuat seluruh mobil AP4 bisa berbagi suku cadang antar-tim saat kompetisi reli berlangsung.

"Komisi dan komunitas reli terus mensosialisasikan kelas AP4 sebagai penawar dahaga bagi mereka yang ingin mencicipi keseruan olahraga reli di level internasional. Dengan adanya AP4, sangat memungkinkan bagi pereli Indonesia untuk berlaga di ajang reli internasional," tutup Rifat.

Baca juga: Mitsubishi Xpander Modifikasi Ini Jadi Mobil Harian Pereli Rifat Sungkar, Intip Yuk!