Seperti Ini Perubahan Hyundai Accent Ke New Hyundai Accent

Seperti Ini Perubahan Hyundai Accent ke New Hyundai Accent New Hyundai Accent (Foto: Wandha/KO)

KabarOto.com - Hyundai bukan lagi merek yang asing di Indonesia, lini kendaraan merek asal Korea Selatan ini terus bertambah. Contohlah yang kini banyak mengaspal yaitu Kona, Santa Fe, Tucson, dan H-1. Sebelum mobil-mobil itu, mungkin Sobat KabarOto juga sudah tidak asing lagi dengan Hyundai Accent.

Hyundai Accent pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada 1996, menggunakan nama Bimantara Cakra. Nah, barulah pada 1998 sampai 2001 Bimantara Cakra mengalami penyegaran penampilan dan berganti nama menjadi Hyundai Accent.

Kanan-kiri: Hyunda Bimantara Cakra, Hyundai Accent (Excel), Hyundai Verna, New Hyundai Accent, dan Hyundai Avega

Berbicara soal bodi Hyundai Accent tahun kelahiran 1998 ini masih mengadopsi detail yang melengkung dan tak banyak guratan, khas mobil sedan saat itu. Namun, mobil ini sudah menggunakan fog lamp dimana Bimantara Cakra belum mengadopsi itu.

Baca Juga: Profil - Hyundai Tucson XG CRDi

Hyundai Accent menggunakan mesin 4 silinder SOHC 12V, dengan kapasitas 1.500 cc yang bisa menghasilkan tenaga sebesar 87 dk di 5.500 rpm dan torsi 131 Nm di 3.500 rpm.

Menurut Erwan, salah satu member Hyundai Accent Indonesia (HAI) konsumsi bahan bakar Hyundai Accent keluaran pertama di Indonesia ini berkisar 11-12 kpl untuk dalam kota. Sementara untuk jalanan luar kota sekitar 17-19 kpl, tergantung dari kondisi jalan dan cara bawanya.

Hyundai Accent menawarkan dua pilihan transmisi yaitu otomatis dan manual 5-percepatan. Untuk kaki-kakinya, mobil ini menggunakan suspensi MacPherson strut independent untuk bagian depan, dan per keong di bagian belakang.

Baca Juga: Profil - Hyundai Kona 2019

Selanjutnya, New Hyundai Accent lahir pada 2003 sampai 2006 dengan mesin yang tidak terlalu mengalami perubahan banyak. Perbedaan ada di penampilannya dimana bodinya lebih mengotak. Walau minim guratan, tapi kita bisa lihat di bagian kap mobil ada garis tegas.

Head lamp pun berubah lebih lebar bersanding dengan gril berwarna hitam yang dipermanis dengan list krom, membuatnya nampak lebih mewah.

"Kalau perubahan lebih dominan ke bodi, kalau mesin tidak terlalu signifikan," jelas Erwan.

Menggunakan mesin yang sama yaitu 4 silinder SOHC 12V berkapasitas 1.500 cc. Namun, kini tenaga yang dikeluarkan lebih besar yaitu 92 dk di 5.500 rpm dan torsi 132 Nm di 2.900 rpm.

Baca Juga: Hyundai Kona Electric Bisa Tempuh 1.026 Km!

Perubahan juga terjadi di bagian kaki-kakinya yang menggunakan dual link independent untuk bagian belakang, sementara bagian depan tetap sama menggunakan MacPherson Strut.

Hyundai juga masih menawarkan jenis transmisi yang sama untuk New Hyundai Accent yaitu otomatis dan manual 5-percepatan.