Seperti Ini Safety Car WorldBSK Dari Hyundai

Seperti Ini Safety Car WorldBSK dari Hyundai Foto: Hyundai

KabarOto.com - Hyundai Motor pada 28 Januari lalu mengumumkan mobil custom i30 Fastback N yang akan menjadi Official Safety Car musim ke-32 WorldSBK.

Kegiatan ini merupakan bagian dari kemitraan Hyundai dengan WorldSBK. Kemitraan ini sebenarnya sudah diumumkan pada bulan September tahun 2018 lalu.

Baca Juga: Begini Kira-Kira Wajah Suzuki Karimun Wagon R Baru

"Membangun WorldSBK Safety Car telah menjadi proyek yang sangat menarik bagi kami. Ini bukan mobil balap tetapi akan menghabiskan sebagian besar hidupnya di trek balap," jelas Thomas Schemera, Wakil Presiden Eksekutif dan Kepala Divisi Perencanaan & Strategi Produk di Hyundai Motor.

Safety Car i30 Fastback N ini tampil dengan corak yang berasal dari Hyundai i20 World Rally Championship (WRC). Nantinya mobil ini akan mulai tampil pertama kalinya di Australia, tepatnya di Sirkuit Grand Prix Philip Island pada 22 hingga 24 Februari mendatang.

hyundai

I30 Fastback N milik pabrikan Korea Selatan ini termasuk kendaraan coupe lima pintu pertama di segmen C, dan termasuk unik di kelasnya. Desain interiornya juga memiliki kombinasi visual yang canggih dan elegan. Tidak hanya itu, mobil ini termasuk yang menyenangkan untuk dikendarai dengan fitur-fitur yang sangat memadai.

Modifikasi i30 Fastback N Safety Car ini diprakarsai oleh Hyundai Motorsport Customer Racing. Modifikasi tidak dilakukan pada seluruh bagian, terbatas hanya pada bagian-bagian penting saja.

Baca Juga: Investor Datang, Pabrik Baterai Mobil Listrik Di Indonesia Siap Beroperasi

"Karena Fastback N i30 terlahir dengan performa yang baik, kami tidak perlu melakukan banyak modifikasi untuk melakukan tugasnya. I30 Fastback N Safety Car adalah mobil keselamatan paling elegan, mobil ini bisa mengimbangi motor-motor peserta WorldSBK dan melaksanakan tugasnya di sirkuit saat situasi membutuhkannya," tambahnya.

Bagian yang dimodifikasi seperti bilah lampu belakang yang ramping, diposisikan jauh ke belakang untuk membantu meningkatkan aerodinamika. Selain itu, modifikasi ini memberikan visibilitas yang lebih baik kepada pengendara lain.

hyundai

Ada pun modifikasi yang dilakukan pada Sabelt bucket seat yang memberikan pegangan lebih baik untuk pengemudi dan dokter. Alasannya di WorldSBK, dokter selalu duduk di sebelah pengemudi untuk tujuan pertolongan pertama dan alasan keselamatan.

Hyundai dengan tipe N memang menghadirkan kendaraan dengan kinerja tinggi. Selain itu tipe ini sangat menyenangkan untuk dikendarai dan dapat digunakan sehari-hari. Sejak 2015 Hyundai sudah ikut serta dengan berbagai acara olahraga bermotor, contohnya reli.

Baca Juga: Mitsubishi Resmikan Dealer Pertama Di Kota Baja

Dan tipe N ini tidak hanya memiliki kinerja yang baik dalam kompetisi, tetapi mampu membuktikan keberhasilannya kepada pengguna yang mencari adrenalin. Berbagai tipe N keluaran Hyundai seperti i30 N, Veloster N, dan yang terbaru i30 Fastback N.