Investor Datang, Pabrik Baterai Mobil Listrik Di Indonesia Siap Beroperasi

Investor Datang, Pabrik Baterai Mobil Listrik di Indonesia Siap Beroperasi

KabarOto.com - Jika Indonesia fokus terhadap pengembangan baterai, tentunya Indonesia memiliki peluang yang besar untuk mengembangkan mobil listrik. Dan ternyata, Indonesia sudah punya pabrik baterai di Morowali, Sulawesi Tengah.

Ketua Program Percepatan dan Pengembangan Kendaraan Listrik, Satryo Soemantri Brodjonegoro di BSD City, Tangerang mengatakan, fokus pada mobil listrik adalah baterai, lewat teknologi ini Indonesia memiliki peluang dengan negara lain.

Baca Juga: Toyota Gandeng Panasonic Kembangkan Baterai Untuk Mobil Listrik

"Pengembangan mobil listrik berbasis baterai bisa mendapat dukungan dari pemerintah dengan cara mengundang investor untuk membangun produksinya di Indonesia," paparnya.

Menurut Satryo sudah banyak investor asing yang ingin membangun pabrik baterai di Indonesia, karena sejalan dengan akselerasi pengembangan kendaraan listrik.

Dia juga memberikan informasi, jika investasi untuk baterai sepeda motor listrik dengan kapasitas produksi 120.000 unit per tahun investasinya sekitar Rp 1 triliun. Untuk baterai mobil, investasinya mencapai Rp 5 triliun untuk produksi 60.000 unit baterai dalam setahun.

Baca Juga: Perusahaan Asal Inggris Ini Bikin Mobil Listrik Bernama DionX

Di tempat yang sama Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika mengatakan, pabrik baterai di Marowali sudah siap beroperasi dalam 16 bulan ke depan.

"Kami juga sudah mengundang investasi untuk sel baterainya. "Kalau berjalan lancar, dalam 16 bulan, bahan baku baterai sudah ada di Indonesia," kata Putu.