POPULAR STORIES

Setelah Hak Peninjauan, Fernando Alonso Mendapatkan Kembali Posisi Ketiganya

Setelah Hak Peninjauan, Fernando Alonso Mendapatkan Kembali Posisi Ketiganya Foto: Formula 1

KabarOto.com - Fernando Alonso mendapatkan kembali posisi finis ketiganya di F1 Arab Saudi 2023, setelah pihak Aston Martin meminta hak peninjauan pada Minggu malam (19/03).

Awal lomba di Sirkuit Corniche Jeddah yang merupakan sirkuit jalan raya di kota Jeddah, Arab Saudi, sempat memimpin lomba pada lap 1. Sebelum akhirnya Sergio Perez (Red Bull Racing) berhasil menyalipnya.

Pada lap awal, Alonso sudah mendapatkan penalti 5 detik karena berbaris di luar slot gridnya. Tetapi akhirnya ada penambahan penalti menjadi 10 detik, akibat tidak melakukan penalti awal dengan benar. Hal ini berdampak pada George Russel (Mercedes-AMG Petronas) naik menggantikan posisi Alonso di podium.

Baca juga: Dan Fallows Jadi Sosok Penting Di Tim Aston Martin Cognizant

George Russel kembali pada posisi finis keempat, usai Alonso mendapatkan kembali posisinya

Pihak steward awalnya memutuskan penalti, alasannya dongkrak belakang menyentuh mobil sebelum 5 detik berlalu, sehingga dianggap penalti tidak dilakukan dengan benar.

Namun, FIA kini telah membatalkan keputusannya, setelah merilis dokumen yang mengatakan Aston Martin telah mengajukan surat untuk meninjau ulang penalti 10 detik.

Untuk mendukung Petisi Peninjauan, Steward diperlihatkan risalah pertemuan SAC terbaru dan bukti video dari 7 kejadian berbeda di mana mobil disentuh oleh dongkrak sambil menjalani hukuman yang sama dengan yang dikenakan pada Mobil 14 tanpa dihukum.

Pengajuan oleh Aston Martin mengacu pada kesepakatan antara FIA dan tim yang menyentuh mobil dengan cara apapun, termasuk dengan dongkrak, akan dianggap 'mengerjakan' mobil untuk tujuan Pasal 54.4 (c ) dari Sporting Regulations, tidak benar dan oleh karena itu dasar dari keputusan Steward salah.

Baca juga: Hasil F1 Arab Saudi 2023, Red Bull Racing Double Podium

Finis ketiga Alonso di Arab Saudi, menjadikan sebagai podium ke-100 dalam karir F1 pembalap Spanyol tersebut

"Mengingat Petisi, Pengurus harus memutuskan apakah ada 'elemen baru yang signifikan dan relevan [yang] ditemukan yang tidak tersedia bagi para pihak yang meminta peninjauan pada saat keputusan terkait'. Jika ada seperti itu elemen(-elemen) maka Steward perlu mempertimbangkan apakah keputusan perlu diubah dengan cara apa pun", bunyi aturan FIA tersebut.

Setelah meninjau bukti video dan mendengar penjelasa dari perwakilan Aston Martin dan anggota terkait dari FIA, Steward memutuskan bahwa memang ada bukti baru yang signifikan dan relevan seperti yang disyaratkan dalam Pasal 14.1.1 untuk memicu peninjauan terhadap keputusan, khususnya bukti video dan bukti lisan dari tim dan FIA.

Setelah meninjau bukti baru, menyimpulkan bahwa tidak ada kesepakatan yang jelas, seperti yang disarankan kepada Steward sebelumnya, yang dapat diandalkan untuk menentukan bahwa para pihak telah menyetujui bahwa dongkrak yang menyentuh mobil sama saja dengan mengerjakan mobil.

Situasi karena dongkrak yag menyentuh bagian mobil dianggap dalam pekerjaan oleh tim, padahal saat itu pihak teknisi Aston Martin sedang tidak melakukan pekerjaan apapun, situasi mobil sudah siap melaju di dalam sirkuit. Penalti pun batal, Alonso berhak kembali atas podium ketiga di Arab Saudi, ini jadi podium ke-100 Alonso sepanjang karir F1-nya.