Setelah Jajal Gesits, Jokowi Janji Akan Beli 100 Unit

Setelah Jajal Gesits, Jokowi Janji Akan Beli 100 Unit Jokowi mencoba motor listrik gesits. (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Setelah sekian lama tidak ada kabar berita, akhirnya motor listrik Gesits produksi lokal akan diproduksi. Presiden Jokowi usai menjajal motor ini di halaman Istana Presiden, Jakarta mengatakan, dia akan membeli 100 unit.

Warna yang dibeli menyesuaikan dengan produksinya yaitu merah, putih serta hitam. Namun dia belum menyebutkan tentang harga jualnya. "Harganya kompetitif kita belum bisa buka," terangnya di Jakarta (7/11/2018).

Baca Juga: Diproduksi 50 Ribu Unit, Harga Motor Listrik Gesits Di Bawah Rp20 Juta

Menurutnya, brand dan prinsipal sepeda motor listrik Gesits 100% Indonesia, dan kecepatannya sudah diuji coba dari Jakarta ke Bali tidak ada masalah. "Tadi saya coba tidak ada suara dari knalpotnya, biasanya saya greng-greng, tapi tadi saya menyesuaikan suara knalpotnya, sangat menyesuaikan dan ramah lingkungan," jelasnya.

Jokowi juga mengatakan, jika produksi motor Gesits rencananya mencapai 60 ribu per tahun atau sekitar 5.000 per bulan. Pemerintah juga akan mem-back up proses produksi motor ini. "Pemerintah akan mem-back up dalam arti proses uji coba dan izin-izin yang cepat," tambahnya.

Setelah diproduksi, Jokowi akan beli motor listrik Gesits 100 unit. (Foto: Istimewa)

Nama Gesits merupakan kepanjangan dari Garansindo Electric Scooter ITS. Motor listrik ini adalah hasil kolaborasi PT Gesits Technologies Indo (GTI) dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Jawa Timur. Motor ini akan mulai produksi di pabrik PT Wika Industri, Gunung Putri Bogor dengan kapasitas 50 ribu unit per tahun.

Menristek Dikti M Natsir mengatakan, di pabrik itu terdapat 20 stasiun produksi yang bisa menghasilkan satu unit motor dalam waktu 40 menit, didukung tingkat komponen dalam negeri yang mencapai 89%. Sisanya 11% seperti lampu depan dan belakang serta sokbreker masih impor.