POPULAR STORIES

Setiap Bugatti Tempuh 350 Km Lebih Sebelum Dikirim Ke Konsumen, Apa Saja Yang Diuji?

Setiap Bugatti Tempuh 350 Km Lebih Sebelum Dikirim ke Konsumen, Apa Saja yang Diuji? Steve Jenny saat menguji hypercar Bugatti di bandara (Dok: Bugatti)

KabarOto.com – Memiliki pekerjaan yang sesuai dengan hobi memang sangat menyenangkan. Dalam hal ini adalah profesi test driver sebuah hypercar yang memiliki performa luar biasa.

Profesi ini dijalani oleh pria bernama Steve Jenny yang merupakan mantan pereli dan dipercaya menjadi test driver Bugatti sebelum hypercar tersebut dikirimkan ke tangan konsumen.

Selama karirnya sebagai test driver Bugatti, pria asal Prancis ini mencoba sekitar 217.000 unit hypercar sebelum dikirim ke konsumen. Dari jumlah tersebut, terbagi menjadi beberapa model seperti Bugatti Veyron, Chiron, dan Divo.

Baca Juga : MG EX18, Supercar Lawas Bisa Secepat Bugatti Veyron

Sebelum menjadi seorang test driver, Steve Jenny merupakan mantan pekerja di Mahle dan BBS yang merupakan industri pendukung otomotif, dan hanya menyaksikan prototipe Bugatti Veyron yang tengah di uji.

"Jumat sore sekitar bulan Juli saya mendapat panggilan telpon, saya mendapat pekerjaan ini. Saya pun segera meluncur ke Molsheim untuk menandatangani kontrak sebagai karyawan," yakin Steve.

Selama berberapa bulan dirinya melakukan pengembangan dalam hal pemeriksaan kendaraan hingga pemasangan hingga ruang analisa. "Bugatti selalu mewajibkan setiap kendaraannya selalu dikirim dalam kondisi terbaik. Hypercar yang bisa melaju 400 kpj harus bisa berfungsi sempurna," tegas Steve.

Adapun pengujian pertama Steve di Veyron pada 3 Maret 2005, dirinya sangat gugup. Karena disandingkan Christoph Piochon, yang kini menyandang Head of Quality Assurance Production. "Saya harus jujur fokus mengulas secara teknis. Sehingga kurang menikmati pengendalian mobil," bebernya.

Saat menguji hypercar Bugatti, Steve melakukannya selama lima jam dan pengetesan seperti mengemudi di jalan umum sekitar 300 km. Selama beberapa jam untuk mengetahui berat atau ringan pedal, respon kemudi hingga suara aneh yang timbul. Kemudian mencari jalan kasar sekitar 80 km untuk mengetahui kenyamanan dan suara dari suspensi.

Hal ini didasari karena ada regulasi homologasi yang berbeda serta opsi yang dipilih konsumen dan dipasangkan di mobil tersebut. Setiap kali melakukan test drive, hypercar di uji menempuh bisa diuji jarak 350 - 750 km.

Setelah melakukan pengetesan yang meliputi launch control, airbrake, stability control, dan juga conduct rapid lane change serta harus bisa berhenti saat kecepatan mobil menempuh 199 kpj, mobil tersebut dikembalikan ke mekanik untuk melakukan penggantian oli transmisi dan roda, serta memasang bagian bawah mobil.

Baca Juga : Bugatti Chiron Pur Sport Sur Measure, Super Detail

"Sebagai seorang penguji harus bisa merasakan setiap bagian di tubuh dan bisa menginterpretasikan sebagai respon tepat," jelas Steve.

Dirinya juga membocorkan bahwa pengetesan yang ideal adalah jalur di pegunungan Vosges. Sedangkan untuk akselerasi dan kecepatan tertinggi memanfaatkan lintasan tertutup. Paling sering memakai landasan udara di bandara Colmar. Setelah itu kembali melalui jalur Atelier untuk benar-benar menikmati hypercar ini.

Berita Terkait

Berita Terkait