POPULAR STORIES

Shell Gelar Diskusi Penggunaan Biodiesel Di Indonesia

Shell Gelar Diskusi Penggunaan Biodiesel di Indonesia

KabarOto.com - Pemerintah Indonesia telah mengamanatkan pengembangan dan penggunaan biodiesel sebagai upaya pengurangan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) sebesar 29% dari BAU (Business as Usual) pada tahun 2030.

Biodiesel merupakan bahan bakar nabati yang menjadi energi alternatif untuk menggantikan bahan bakar fosil sebagai sumber energi. Sifatnya yang degradable (mudah terurai) dengan emisi yang lebih rendah dibanding dari emisi hasil pembakaran bahan bakar fosil, menjadikan penggunaan biodiesel dapat meningkatkan kualitas lingkungan.

Baca Juga : Shell Dukung Penggunaan Energi Yang Lebih Bersih

Andri Pratiwa, Direktur Pelumas Shell Indonesia mengatakan sebagai perusahaan energi dunia, Shell senantiasa mendukung penggunaan energi yang lebih bersih dan berkelanjutan, hal ini sejalan dengan strategi global Shell ‘Powering Progress’.

“Melalui forum Shell ExpertConnect ini kami berharap terjadi tukar informasi, pengetahuan dan praktek terbaik untuk mensukseskan implementasi program B30 dan persiapan implementasi mandatori B40,” lanjut Andri.

Baca Juga : Pengguna Mobil Listrik Meningkat, Shell Hadirkan Tempat Pengecasan Di Jakarta Utara

Sebagai informasi, Indonesia sendiri telah memanfaatkan biodiesel sejak tahun 2008, dan pemanfaatannya secara nasional terus dikembangkan, baik dari segi volume, campuran ataupun jumlah perusahaan yang terlibat dalam bidang ini.

Sementara itu, Dr. Riesta Anggarani, Peneliti Bahan Bakar – LEMIGAS mengatakan Pemerintah terus mendorong kesuksesan implementasi program B30, khususnya dalam memastikan semua BBM jenis minyak solar yang ada di dalam negeri dicampur dengan biodiesel sebesar 30%.

"Untuk program mandatori B40 hingga saat ini masih dalam tahap pengkajian baik teknis maupun keekonomian, sehingga penerapannya diperkirakan tidak akan dalam waktu dekat,” jelas Riesta.