Siap Diproduksi, Ini Wujud Mercedes-Benz A-Class Sedan

Siap Diproduksi, Ini Wujud Mercedes-Benz A-Class Sedan Mercedes-Benz A-Class Sedan (MB)

KabarOto.com - Mercedes-Benz dikabarkan berencana untuk memproduksi A-Class terbaru, bukan berbentuk hatcback seperti sebelumnya, namun dalam bentuk sebuah sedan.

Meski berbeda model, namun tampilan sedan A-Class (V177) dikatakan mirip dengan W177 hatcback khususnya di bagian depan.

A-Class Sedan memiliki panjang 4.549 mm, tinggi 1.796 mm dan lebar 1.446 mm, membuatnya 130 mm lebih panjang dan 6 mm lebih tinggi dari W177.

Walaupun memiliki ukuran yang lebih tinggi dan panjang, namun pabrikan belogo bintang tersebut masih mempertahankan wheelbase yang sama dengan ukuran 2.729 mm.

Baca Juga: Kupas Tuntas Sistem E-Tilang Yang Berlaku Di Indonesia

Caption

Mercedes mengklaim bahwa sedan ini menawarkan headroom belakang yang lebih lega, sehingga bahu dan siku penumpang bisa lebih leluasa. Sementara kapasitas bagasinya bertambah menjadi 420 liter, lebih besar sekitar 50 liter dari versi lima pintu hatcback.

Sedan ini juga dikatakan memiliki desain yang aerodinamis. Dari hasil uji coba, nilai hambatan udaranya (koefisien drag) di angka 0,22 mirip dengan Mercedes-Benz CLA. Sedangkan W177 memiliki nilai 0,25.

Hal itu terwujud karena Mercedes-Benz telah melakukan berbagai pengembangan pada A-Class sedan, seperti lekukan sekitar lampu depan dengan teknologi multibeam LED yang mampu membelah angin, bagian bawah bodi yang tertutup rata, desain gril trapezoid baru, serta spoiler roda depan dan belakang yang mampu membelokkan arah angin di sekitar roda.

Baca Juga: Modifikasi Wuling Confero S, Keren Dengan Gaya Turing

Interior A-Class Sedan

Untuk sektor keamanan, A-Class Sedan hadir dengan berbagai peralatan standar, seperti Active Brake Assist (pengereman darurat otonom) dan Active Lane Keeping Assist, dan dapat difungsikan bersama dengan adaptif cruise control.

Lalu Active Emergency Stop Assist dan Active Lane Change Assist. Ada juga sistem Pre-Safe system opsional yang dapat mendeteksi potensi tabrakan belakang, dan secara otomatis mengatur rem untuk mengurangi tingkat keparahannya.

Saat peluncurannya nanti, yang dijadwalkan mulai akhir tahun, hanya terdapat 2 pilihan tipe yang ditawarkan, yakni A 200 (bensin) dan A 180 d (diesel).

Tipe pertama menggunakan mesin M282 1.3 liter turbocharged 4 silinder. Mesin tersebut dikembangkan bersama dengan Renault dan mampu menghasilkan tenaga 163 dk dan torsi 250 Nm.

Menggunakan kode body V177

Sementara mesin berbahan bakar solarnya, menggunakan OM608 1.5 liter turbodiesel, yang sanggup menghasilkan tenaga sebesar 116 dk dan torsi 260 Nm.

Tenaga dari kedua mesin tersebut, sama-sama disalurkan ke roda melalui transmisi dual-clutch 7 percepatan (7G-DCT), yang dibuat oleh Getrag.

Rencananya, produksi A-Class Sedan akan dimulai tahun ini di pabrik Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi, di Aguascalientes, Meksiko.

Baca juga: Keren... Ini Wujud BMW Seri 5 Touring Yang Diluncurkan BMW Indonesia