Siapkan 19 Posko Di Perbatasan, Sebelum Masuk Surabaya Kendaraan Harus Disterilkan

Siapkan 19 Posko di Perbatasan, Sebelum Masuk Surabaya Kendaraan Harus Disterilkan

KabarOto.com - Antisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Indonesia terus dilakukan. Salah satu upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya yaitu adanya posko yang terletak di berbagai wilayah perbatasan Surabaya. Seperti pemberitaan yang beredar sebelumnya, sebanyak 19 pintu masuk Surabaya akan disekat.

Nah, posko yang didirikan juga berjumlah 19 buah yang akan didirikan di 19 titik perbatasan Surabaya. Posko-posko tersebut akan melakukan penyemprotan ke kendaraan yang akan masuk ke dalam kota, sehingga diharapkan kendaraan yang masuk sudah steril dari covid-19.

"Tugasnya nanti melakukan penyemprotan ke semua kendaraan yang akan masuk ke arah kota. Sementara ini hanya melakukan penyemprotan saat melintas," ujar Irvan Wahyudrajat Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya.

Baca Juga: Surabaya Bakal Sekat Kendaraan Di 19 Pintu Masuk

Posko tersebut akan melibatkan berbagai instansi seperti Dishub, BPB Linmas, Dinas Kesehatan, Perpustakaan, jajaran kecamatan dan kelurahan serta pihak kepolisian.

Posko didirikan atas perintah Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya. Selain menyemprotkan kendaraan, rencana ke depannya para penumpang juga akan diberlakukan hal yang sama.

"Tapi rencana ke depannya mereka harus turun dan orangnya harus masuk ke bilik sterilisasi yang disediakan di posko-posko tersebut," tambah Irvan.

Baca Juga: Jalan Darmo Dan Tunjungan Surabaya Ditutup Hingga Dua Pekan

Setiap posko akan dilengkapi dengan tenda, bilik sterilisasi, profil tank, dan wastafel portable yang tentunya disediakan pula hand sanitizer. Sampai saat ini, fasilitas tersebut masih dalam tahap pembangunan, jadi sementara akan terus dilakukan sosialisasi.

"Nantinya, posko itu akan dijaga 3-4 shift petugas jaga gabungan. Mereka akan berjaga dan melakukan penyemprotan selama 24 jam nonstop," tambahnya.

Saat ini dikarenakan fasilitas posko masih dalam tahap pembangunan jadi belum beroperasional 24 jam, namun untuk posko yang sudah lengkap fasilitasnya akan diterapkan 24 jam penuh.

Baca Juga: Banyak Pemudik, Madura-Surabaya Berlakukan Sterilisasi Berlapis

Nah, untuk penempatan posko akan tersebar di Stadion GBT (Pakal), Terminal Tambak Oso Wilangun (Benowo), Dupak Rukun (Asemrowo), Kodikal (Pabean), Mayjen Sungkono di rumah pompa (Dukuh Pakis), Gunungsari (Jambangan), Kelurahan Kedurus (Karang Pilang), Masjid Agung (Gayungan), Jeruk (Lakarsantri), dan Driyorejo.

Selanjutnya yaitu di Terminal Benowo (Pakal), Tol Simo (Sukomanunggal), samping Cito (Dishub), Jalan MERR (Gunung Anyar), Suramadu (Kenjeran), Rungkut Menanggal (Gunung Anyar), Wiguna Gunung Anyar Tambak (Gunung Anyar), Margomulya (Tandes), dan Pondok Chandra (Gunung Anyar).