POPULAR STORIES

Simak Nih! Pentingnya Ganti Oli Sebelum Kendaraan Digunakan Mudik

Simak Nih! Pentingnya Ganti Oli Sebelum Kendaraan Digunakan Mudik Mekanik mengganti oli motor (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Musim mudik 2023 semakin dekat. Sobat KabarOto yang ingin mudik ke kampung halaman menggunakan kendaraan pribadi diharapkan segera melakukan persiapan bagi kendaraanya, baik itu roda empat maupun roda dua. Salah satu yang perlu dipersiapkan untuk kendaraan yang ingin dibawa mudik adalah oli.

Pasalnya, mudik merupakan perjalanan panjang. Otomatis, mesin pun akan bekerja lebih ekstra dibandingkan hari-hari biasa. Oleh karena itu, penggantian oli mesin jadi salah satu kewajiban dalam persiapan mudik.

"Oli itu memiliki tingkat viskositas atau kekentalan yang spesifik, oleh karena jika sudah digunakan dengan jarak dan waktu yang lama, viskositas akan berkurang dan akan mempengaruhi kinerjanya," ujar Pudjijarto selaku VP of B2C PT Pana Oil Indonesia.

Baca Juga: Tingkatkan Branding Pelumas Lokal, Pertamina Lubricants Ajak Jurnalis Touring Ke Ujung Genteng

Sementara, tujuan ganti oli sebelum perjalanan dapat menjaga performa mesin agar tetap dalam kondisi terbaiknya. Untuk penggantian oli sebaiknya tetap mengacu pada jarak tempuh yang direkomendasikan pabrikan kendaraan.

Perawatan ganti oli juga perlu diperhatikan oleh kendaraan yang jarang digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Hal itu bisa berpotensi oli menjadi menggumpal atau mengental.

Untuk mengetahui kondisi oli dari kendaraan bisa dilakukan dengan mengecek hal tersebut, yaitu periksa secara visual lewat dipstick yang ada di setiap mesin mobil.

Saat mencermati penampilan visual dipstick dan menunjukkan oli sudah kental sekali dan berwarna gelap maka itu jadi pertanda untuk segera dilakukan penggantian oli. Meskipun dari perhitungan waktunya oli belum perlu diganti sesuai petunjuk dari buku servis ataupun yang tertera kartu servis.

"Umumnya pabrikan mobil menyarankan penggantian oli mesin setiap 10.000 kilometer sekali, tujuannya agar performa pelumas maupun mesin tetap optimal," ucap Pudjijarto.

Untuk mengatasi masalah ini, pihaknya telah memiliki berbagai pilihan pelumas untuk mesin bensin dan juga diesel dengan berbagai varian yaitu Gasonix, yang diantaranya adalah GX9 0W-20, 5W30, dan 5W-40 Fully Synthetic Base Oil, GX7 5W-30 serta 10W-40 Synthetic Base Oil, dan GX5 15W40.

Baca Juga : Begini Cara Pilih Pelumas Kendaraan Yang Baik

Sementara itu oli Gasonix untuk mesin diesel yaitu DX9 5W-40, DX7 10W-40, Cruiser HDA 40, dan Cruiser Advance Plus 15W-40. Semua produk oli Gasonix untuk mesin diesel telah memenuhi API Service CJ-4, CI-4, C-4/SL, CF/SF.

"Setiap produk Gasonix sudah mengandung signature formula karya para ahli di PanaOIL yang dinamakan "Ester Dura Technology". Formula ini dirancang dan dibuat melalui fasilitas produksi yang mutakhir, tentu dilakukan oleh tenaga ahli yang berkemampuan tinggi," tutur Pudjijarto.