POPULAR STORIES

Sisa 2 Seksi, Tol Balikpapan - Samarinda Ditargetkan Selesai 2021

Sisa 2 Seksi, Tol Balikpapan - Samarinda Ditargetkan Selesai 2021

KabarOto.com - Pengelola Jalan Tol Balikpapan - Samarinda sedang menyelesaikan sisa proyek. Sebenarnya, seksi-seksi lainnya sudah beroperasi sejak akhir 2019 lalu. Saat ini, tersisa dua seksi yang masih dalam tahap penyelesaian yaitu Seksi 5 ruas Sepinggan - Balikpapan dan Seksi 1 ruas Balikpapan - Samboja.

Pada Kamis (8/10) akhirnya Dewan Komisaris dan Direksi Jasa Marga melakukan kunjungan lapangan menyusuri Jalan Tol Balikpapan - Samarinda.

Sampai saat ini, Seksi 5 ruas Sepinggan - Balikpapan sudah mencapai 11,09 km sementara Seksi 1 ruas Balikpapan - Samboja telah berjalan 22,03 km. Terkait pembebasan lahannya sudah 99,95% dan progres konstruksinya terhitung mencapai 99,61%.

Baca Juga: Rest Area Pertama Di Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, Hadirkan Fasilitas Yang Lengkap

Diketahui terkait penyelesaiannya sisa pekerjaan ternyata mengalami sedikit hambatan, di mana tanah di beberapa lokasi alami penurunan. Dijelaskan oleh Direktur Utama PT Jasamarga Balikpapan-Samarinda (JBS) S.T.H Saragi bahwa saat ini masih dilakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat.

"Pada dasarnya, kita terus berkoordinasi mendapatkan rekomendasi dari Bina Marga dan Pemerintah Provinsi terkait penyelesaian ranah yang menjadi tanggung jawab Pemerintah di seksi 1 dan 5," ujar Saragi.

Perlu diketahui bahwa ruas tol tersebut merupakan konstruksi bagian dukungan Pemerintah. Sehingga, mereka harus memastikan penyelesaian geoteknik untuk memastikan kestabilan tanah. Sehingga, selanjutnya bisa dilakukan pengerasan di atasnya.

Diharapkan sisa proyek seksi 5 dan 1 tersebut bisa selesai pada triwulan II tahun 2021 dengan penyelesaian bertahap di seksi I pada akhir tahun 2020.

Baca Juga: Tak Lagi Gratis, Tarif Tol Ruas Balikpapan-Samarinda Seksi 2, 3 Dan 4 Akan Diberlakukan

"Ketika nantinya sudah tersambung, jalan tol ini akan menghubungkan Bandara Sepinggan dengan berbagai titik lokasi strategis di Balikpapan dan Samarinda," jelas Komisaris Independen Jasa Marga Adriansyah Chaniago.

Keseluruhan Jalan Tol Balikpapan Samarinda memiliki total panjang 97,99 Km yang dibagi menjadi lima seksi yaitu, Seksi I ruas Balikpapan – Samboja, Seksi II ruas Samboja – Muara Jawa, Seksi III Muara Jawa – Palaran dan Seksi IV Palaran – Samarinda, dan Seksi V ruas Sepinggan - Balikpapan.